Ternate (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) siap mengalokasikan tambahan dana penyelenggaraan pemilu wali kota, jika dana yang sudah dianggarkan pada APBD 2015 tidak mencukupi.

"Dana pemilu wali kota yang dianggarkan pada APBD 2015 sebesar Rp13 miliar, tetapi jika dalam penyeleggaraan pemilu wali kota nanti dana itu tidak cukup, pemkot pasti akan mengalokasikan tambahannya sesuai kebutuhan melalui anggaran APBD perubahan," kata Wali Kota Ternate, Burhan Abdurrahman di Ternate, Rabu.

Oleh karena itu, KPU Kota Ternate tidak perlu mengkhawatirkan dana penyelenggaraan pemilu wali kota, karena pemilu wali kota merupakan kegiatan demokrasi untuk memilih pemimpin daerah ini lima tahun kedepan, yang sesuai konstitusi dana penyelenggaraannya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah setempat.

Namun, Wali Kota mengharapkan kepada KPU Kota Ternate untuk memanfaatkan dana pemilu wali kota yang telah dialokasikan pada APBD 2015 tersebut secara efisien, agar dana itu cukup sehingga tidak perlu lagi ada penambahan.

Masalahnya APBD Kota Ternate sangat terbatas, sementara program pembangunan yang harus dilaksanakan terutama yang terkait dengan kepentingan masyarakat sangat banyak, sehingga pemanfaatan dana APBD, termasuk untuk pelaksanaan pemilu wali kota harus mengedepankan prinsip penghematan.

Sebelumnya Ketua KPU Kota Ternate Ismed Sahupala mengatakan, KPU Kota Ternate mengusulkan dana untuk pelaksanaan pemilu wali kota sebesar Rp20 miliar, namun dialokasikan hanya Rp13 miliar dan jumlah ini jelas tidak bisa membiayai seluruh tahapan pelaksanaan pemilu wali kota.

Apalagi ada sejumlah tahapan pemilu wali kota yang masuk dalam Perpu Pilkada, seperti pelaksanaan uji publik belum dimasukan dalam item kegiatan yang dananya dialokasikan dalam APBD tersebut, sementara tahapan uji publik itu jelas membutuhkan dana.

"Oleh karena itu, untuk mendukung kelancaran dana kesuksesan pelaksanaan pemilu wali kota Pemkot Ternate harus mengalokasikan tambahan dana penyelenggaraan pemilu wali kota," katanya menambahkan.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015