Ambon (Antara Maluku) - Para komunitas kreatif dari berbagai bidang di Ambon membangun rumah bersama "Paparisa Ambon Bergerak" dengan menyewa rumah kosong berlantai dua sebagai tempat untuk berkumpul, berbagi ide dan program kerja kemudian mengembangkannya.

"Ini sebenarnya ide yang sudah lama agar teman-teman dari berbagai komunitas bisa ada tempat untuk berkumpul, sharing ide dan lainnya karena selama ini rata-rata kita semua kumpulnya lebih banyak di jalan, sekarang baru bisa terwujud," kata Almascatie dari komunitas blogger Ambon, di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan gagasan membangun rumah bersama bagi para komunitas di Ambon dimaksudkan untuk bisa mendukung komunitas agar bisa terus bergerak dengan ide kreatif masing-masing dan menjalankan aktivitasnya tanpa terganggu dengan biaya untuk membayar tempat berkumpul.

"Walaupun ini rumah sewaan tapi setidaknya ada tempat bagi kami untuk latihan, belajar dan saling mendukung antar komunitas, dengan begini kami juga tidak perlu cari-cari tempat lagi kalau ingin bertemu satu sama lain," katanya.

Tak sekedar tempat untuk berkumpul, Gracio Imanuel Pelmelay, fasilitator pendidikan di Paparisa Ambon Bergerak mengatakan, rumah bersama tersebut akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, salah satunya internet gratis yang bisa digunakan oleh para komunitas untuk mengakses berbagai pengetahuan maupun informasi terbaru.

Beberapa ruangan pun akan dibagi khusus sesuai dengan bidang-bidang yang digeluti oleh komunitas yang ada di Kota Ambon, diantaranya paparisa musik dan paparisa belajar.

"Basic kita rata-rata kan informasi dan teknologi, banyak yang memanfaatkan sosial media, website maupun blog, jadi demi mendorong teman-teman agar dunianya lebih terbuka sudah pasti fasilitas internet disediakan gratis," katanya.

Dikatakan, dirinya dan beberapa teman pengurus Paparisa Ambon Bergerak berencana untuk secepatnya mendata jumlah komunitas di Ambon sehingga mereka bisa mendukung jalannya program komunitas-komunitas tersebut sesuai dengan bidang masing-masing.

"Ide rumah bersama ini bukan jadi manajemen tapi lebih ke memfasilitasi pengembangan potensi komunitas dengan mendorong mereka agar setiap gagasan yang ada bisa menjadi project kecil untuk kemajuan komunitasnya tapi sejalan dengan bidang-bidang yang bisa kami support," katanya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015