Ambon (Antara Maluku) - Penyaluran dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) dari Kementerian Sosial triwulan pertama tahun 2015 di Kota Ambon sudah mencapai 93,28 persen.

"Sudah disalurkan ke 10.376 RTS atau 93,28 persen dari 11.123 rumah tangga sasaran (RTS) penerima bantuan tersebut ," kata Kepala kantor Pos cabang Ambon, Sudarjo, Senin.

Sedangkan bagi 747 RTS yang belum menerima saat pembagian di desa-desa atau negeri dan kelurahan, ia mempersilakan mengambil di Kantor Pos Ambon hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Sudah ada pemberitahuan bagi masyarakat yang belum mengambilnya, silakan datang ke Kantor Pos dengan menunjukkan persyaratan yang sudah ditentukan," ujarnya.

Dia menjelaskan, pola yang digunakan untuk menyalurkan bantuan yakni mendatangi langsung ke masyarakat di lima kecamatan di Kota Ambon.

"Petugas kami mendatangi langsung masyarakat melalui kantor desa dan kelurahan yang tersebar di lima kecamatan di Ambon, dan dibagi dalam beberapa zona untuk memudahkan masyarakat mengambil bantuan tersebut," katanya.

Besarnya bantuan yang diterima yakni Rp600 ribu per KK untuk periode Januari-Maret 2015. Para penerima diwajibkan untuk membawa kartu perlindungan sosial (KPS), KTP atau KK.

Dia menambahkan, masyarakat yang menerima bantuan PSKS, adalah warga kurang mampu dan diharapkan bantuan ini dapat dipergunakan dengan baik untuk peningkatan kesejahteraan keluarga.

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya telah menginstruksikan kepada petugas memprioritaskan pembagian bantuan bagi kaum lanjut usia dan penyandang cacat. 

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015