Ambon (Antara Maluku) - Maskapai Garuda Indonesia melakukan penerbangan perdana dari Kota Ambon, Maluku, tujuan Sorong, Papua, Rabu.

Penerbangan perdana Garuda ke Sorong menggunakan pesawat tipe ATR Garuda Explore seri 600 dengan kapasitas 70 penumpang pada pukul 12.05 WIT dari Bandara Internasional Pattimura Ambon.

"Penerbangan ke Sorong dari Ambon pukul 12.05 WIT, tiba 13.30 WIT di sorong dan kembali lagi ke Ambon pukul 14.00 WIT setelah transit selama 30 menit, dan tiba kembali di Ambon pukul 15.25 WIT," kata General Manajer Garuda Indonesia Cabang Ambon Sonny Pongoh, Rabu.

Menurut dia, pesawat explore yang digunakan untuk penerbangan ke Sorong dipakai juga untuk rute Langgur dan Saumlaki Maluku Tenggara.

"Penerbangan ke Sorong menggunakan pesawat rute Ternate yang sebelumnya setiap hari menjadi tiga kali seminggu,sedangkan rute Sorong empat kali seminggu," katanya.

Sony mengatakan, penerbangan ke Ambon akan membawa penumpang dari sorong yakni Family Trip Garuda 2015 yang terdiri dari rombongan tour operator, mitra, awak media dan coorporate.

"Rombongan Garuda dari Sorong akan melakukan kunjungan wisata di Ambon selama dua hari, dalam rangka menjual paket wisata kota Ambon dan Papua," tandasnya.

Ia menjelaskan, pembukaan rute baru berdasarkan usulan kantor perwakilan karena pihaknya melihat rute tersebut layak untuk dibuka karena peluang penerbangan ke Indonesia Timur semakin hari mengalami peningkatan terutama untuk tujuan Ambon - Sorong.

Permintaan tersebut, lanjutnya, akan ditindaklanjuti dengan survei landasan pacu, kondisi bandara yakni bangunan dan fasilitas pendukung seperti listrik, genset, dan x-ray.

"Prinsipnya Kota Sorong siap dilayani penerbangan karena seluruh fasilitas pendukung sudah memadai, serta sebelumnya telah diterbangi pesawat Garuda," katanya.

Sonny menambahkan, rute baru dibuka dalam rangka untuk mencoba penetrasi pasar penerbangan wilayah timur.

Pembukaan rute baru itu sekaligus menambah rute-rute yang telah dilayani sebelumnya di kawasan timur.

"Kami menilai rute ini cukup menguntungkan sehingga layak untuk dibuka, dan berharap dapat membantu masyarakat Maluku untuk melakukan kunjungan ke Papua," tandasnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015