Berne (Antara Maluku) - Mantan pemain depan Portugal Luis Figo mengundurkan diri dari pencalonan presiden badan sepak bola dunia FIFA, Kamis, beberapa jam setelah pengunduran diri Michael van Praag asal Belanda.

"Setelah perenungan pribadi dan berbagi pandangan dengan dua kandidat lain dalam proses ini, saya percaya bahwa apa yang akan terjadi pada 29 Mei di Zurich bukan kegiatan pemilihan yang normal," kata Figo dalam halaman Facebook dia.

"Dan karena bukan, jangan mengandalkan saya," katanya.

Keputusan itu membuat Pangeran Ali Bin Al Hussein dari Jordania kini menjadi satu-satunya penantang Sepp Blatter dalam pemilihan presiden FIFA.

Kelahiran 4 November 1972, Luís Filipe Madeira Caeiro Figo adalah dikenal sebagai pemain sayap Sporting CP, FC Barcelona, Real Madrid, dan Internazionale Milan.

Gantung sepatu pada 31 Mei 2009, sepanjang karirnya ia sudah dipercaya sebagai kapten kesebelasan nasional Portugal sebanyak 127 kali.

Figo dikenal sebagai salah satu pemain sayap terbaik pada zamannya, meraih penghargaan Ballon d'Or tahun 2000, FIFA World Player of the Year tahun 2001, dan namanya tercantum dalam Daftar 100 Pemain Terbaik FIFA tahun 2004.

Dia adalah satu di antara sedikit pesepak bola yang pernah bermain untuk dua raksasa klub Spanyol "yang saling bermusuhan" yakni Barcelona dan Real Madrid.

Kepindahannya yang kontroversial dari Barcelona ke Real Madrid memecahkan rekor nilai transfer dunia dengan bayaran lebih dari 62.280.000 euro.

Pada 28 Januari 2015, Figo mengumumkan niatnya untuk bersaing dengan Sepp Blatter dalam pemilihan presiden FIFA.

Pewarta: Suhirwandi (*)

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015