Ternate (Antara) - Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Ternate, Maluku Utara (Malut) akan mendatangkan Kapal Bank untuk melayani masyarakat di daerah terpencil.

Manager BRI Cabang Ternate, HM Irfan Daeng Barang, di Ternate, Minggu mengatakan, kapal itu sudah direncanakan tahun ini dan sementara dikerjakan di Surabaya. Tujuannya untuk melayani masyarakat yang berada di daerah kepulauan termasuk Maluku Utara.

"Jadi di Wilayah Timur ini yang pertama dapat itu di Kabupaten Halmahera Selatan. Ujicoba awal nantinya dilakukan di Pulau Seribu di Jakarta yang sistemnya Bank Online di atas kapal.

Dia mengatakan, kapal bank akan memudahkan penduduk yang berada di pulau-pulau terpencil yang sulit dijangkau BRI dalam melakukan transaksi perbankan.

Selain menyiapkan kapal, BRI juga menyediakan 18 ATM baru yang akan ditempatkan di berbagai lokasi di Kota Ternate.

"Penambahan mesin ATM ini akan dilakukan dalam waktu dekat. ATM sangat membantu masyarakat yang ingin melakukan penarikan maupun transfer uang, menghindari terjadinya antrean di bank," katanya.

ATM BRI saat ini sudah berada di daerah Ibu, Jailolo, Bacan, Obi, Sanana dan Taliabo sebanyak 38 unit. Khusus Kota Ternate sudah mencapai 18 unit.

Rencana penambahan ATM di Ternate didasari pertimbangan daerah ini pernah menjadi ibu kota provinsi Maluku Utara dan menjadi pusat aktivitas usaha jasa dan perdagangan dengan populasi penduduk terpadat. 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015