Ambon, 29/5 (Antara) - PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Cabang Ambon dalam menyongsong bulan suci ramadhan memprioritaskan bongkar muat kebutuhan pokok masyarakat.

"Jadi kalau diketahui barang yang diangkut dengan peti kemas berisikan sembako, maka itu yang dilakukan pembongkaran lebih dulu," kata Manager SDM dan Umum PT Pelindo Cabang Ambon Harison Nanlohy, di Ambon, Jumat.

Ia menyatakan, setelah dibongkar maka bahan kebutuhan pokok masyarakat itu segera didistribusikan ke toko maupun swalayan dan pusat perbelanjaan.

Yang jelas, kata dia, pihaknya dalam menghadapi ramadhan hingga hari raya idul fitri sudah menyiapkan semua personel terutama untuk bongkar muat peti kemas yang turun di pelabuhan Ambon.

"Sekalipun hujan kami harus siap demi menjaga ketersediaan sembako yang sangat dibutuhkan masyarakat," katanya.

Harison mengatakan, PT.Pelindo Ambon selama ini melakukan kerja sama dengan pihak Kesyabandaran dengan Otoritas Pelabuhan terutama untuk mendapatkan informasi cuaca.

"Jadi semua kegiatan bongkar muat di area pelabuhan Yos Soedarso ini kalau terjadi cuaca ekstrem selalu saja dikoordinasikan langsung dengan Kantor Syabandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP)," ujarnya.

Dia menjelaskan, sekarang ini ada tiga perusahaan pelayaran yang melakukan bongkar muat peti kemas di pelabuhan Ambon, yakni PT. Tanto yang selalu melakukan pelayaran dari Surabaya, di samping PT. Tampuran Mas dan PT. Meratus.

"Jadi dalam kurun waktu satu minggu ada tiga kapal barang yang melayani konsumen sesuai permintaan," ujarnya. 

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015