Ambon (Antara Maluku) - Kegiatan Safari Bulan Suci Ramadhan 1436 Hijriah dimanfaatkan pemerintah provinsi (Pemprov) Maluku untuk berbagi kasih dengan para kelompok tani di kecamatan Teluk Ambon, dijadwalkan pada 7 Juli 2015.

Kadis Pertanian Maluku, Diana Padang, di Ambon, Selasa, mengatakan, berdasarkan koordinasi dengan Gubernur Said Assagaff, maka pemerintah akan memberikan peralatan untuk mendorong peningkatan produksi petani di sana.

"Staf Dinas Pertanian dan tenaga penyuluh telah menginventarisasi kebutuhan peralatan yang dibutuhkan petani di kecamatan Teluk Ambon," ujarnya.

Hanya saja, belum dirinci jenis peralatan maupun jumlahnya untuk dibagikan kepada para petani.

"Rasanya nanti saat pelaksanaan Safari Ramadhan barulah diketahui pasti jenis maupun jumlah peralatan yang dibagikan kepada para petani," kata Diana.

Pemprov Maluku juga memanfaatkan Safari Ramadhan 1436 Hijriah dengan melaksanakan pengobatan massal yang dikoordinir Dinas Kesehatan setempat di Masjid Jami Hassan Sulaiman, desa Hila, kecamatan Leihitu, pulau Ambon pada 13 Juli 2015.

Safari Ramadhan 1436 Hijriah Pemprov Maluku didasari tema " Internalisasi nilai - nilai puasa dalam membangun solidaritas sosial menuju Maluku yang aman, religius, sejahtera dan bermartabat.

Kegiatan Safari Ramadhan diawali di kediaman Gubernur Maluku pada 26 Juni 2015, Danlantamal IX Ambon, Kolonel Laut (P) Nurhidayat (29 Juni), Kapolda Maluku, Brigjen Pol. Murad Ismael(1 Juli), Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI.Wiyarto (3 Juli), Islamic Centre (9 Juli) dan kantor Kejati Maluku pada 11 Juli 2015.

Para Dai antara lain Rektor IAIN Ambon, Hasbullah Toisutta, Ketua MUI Maluku, Idrus Toekan, Ketua PHBI maupun NU Maluku, Abidin Wakanno, Kakanwil Kementerian Agama Maluku, Faizal Musaad dan Ketua DPW Muhammadiyah Maluku, Abdul Madjid Makassar akan memberikan siraman rohani saat buka puasa bersama.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015