Ambon (Antara Maluku) - PT Pos Indonesia Cabang Ambon akan menambah loket pelayanan mengantisipasi lonjakan pengiriman barang dan keuangan jelang hari raya Idul Fitri 1436 Hijriah.

"Mengantisipasi lonjakan pengiriman jelang hari raya Idul Fitri kami akan melakukan upaya penambahan loket dan penambahan petugas untuk proses ditribusi pengiriman barang," kata Wakil Kepala Kantor Pos Ambon Alex Nitalessy di Ambon, Kamis.

Menurut dia, antusiasme masyarakat menggunakan jasa pos menjelang lebaran mengalami peningkatan seperti paket barang, layanan keuangan, surat menyurat, kartu ucapan hari raya kepada keluarga dan kerabat.

"Sebelumnya layanan surat menyurat dan kartu ucapan terhapus olah teknologi pesan singkat (SMS) telepon genggam dan internet, tetapi saat ini masyarakat kembali menggunakan jasa pos," katanya.

Alex mengatakan, jasa pengiriman pos di Ambon mengalami peningkatan selama Ramadhan hingga minggu ke dua menjelang hari raya.

Volume pengiriman paket dan surat mengalami peningkatan sedangkan jasa keuangan juga mengalami peningkatan khususnya layanan wesel

"Satu minggu jelang hari raya jasa pengiriman paket, surat dan jasa keuangan dipastikan mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2014," katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya juga akan memberikan kemudahan pelayanan wesel sesuai ketentuan dari Pusat yakni penurunan biaya pengiriman wesel.

"Kebijakan pengiriman wesel untuk jumlah Rp5 juta biaya pengiriman sebesar Rp27 ribu tetapi kebijakan baru menjadi Rp20 ribu, sedangkan untuk pengiriman Rp1 juta biayanya menjadi Rp15 ribu. Penurunan tersebut diharapkan masyarakat bisa mengunakan jasa layanan pos untuk pengiriman uang," ujarnya.

sedangkan untuk Pengiriman barang pihaknya menyiapaka layanan pos ekpres dan kilat khusus untuk memudahkan masyarakat.

Pihaknya kata Alex juga akan membuka layanan pos pada H-1 dan H+3 Lebaran, tetapi belum berupa pengantaran paket, hanya melayani pembayaran angsuran, pengambilan paket dan kegiatan lainnya.

"Aktivitas pascalebaran belum pengantaran paket kiriman, baru berupa pelayanan loket biasa," ujarnya. 

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015