Ambon (Antara Maluku) - Kepala SMK 5 Ambon Elsye Aunalal mengatakan, di antara empat jurusan yang ada di sekolah kejuruan tersebut, Akomodasi Perhotelan paling diminati calon siswa.

Ketiga jurusan lainnya adalah Tata Boga, Tata Busana, dan Kecantikan.

"Dari sekitar 200 orang yang mendaftar, kami hanya menerima 57 siswa dan terbanyak memilih perhotelan," katanya, di Ambon, Senin.

Ia mengatakan, banyaknya calon siswa memilih jurusan Akomodasi Perhotelan kemungkinan besar karena di Kota Ambon banyak terdapat hotel.

"Mungkin karena di Ambon banyak hotel jadi banyak yang memilih jurusan ini," katanya.

Elsye mengatakan, siswa baru tahun ini sudah diterima namun belum dibagi ke masing-masing jurusan.

Setelah masa orientasi siswa (MOS) tanggal 23-25 Juli baru siswa bisa memilih jurusan yang diinginkan.

"Pada masa orientasi siswa baru, kami akan menghadirkan alumni dari masing-masing jurusan yang sudah bekerja untuk memberikan gambaran seperti apa jurusan tersebut," katanya.

Hal tersebut, menurut Elsye, agar siswa baru sudah bisa mengetahui terlebih dulu keunggulan masing-masing jurusan sebelum menentukan pilihan.

"Jika sebagian besar memilih jurusan yang sama, kami kembalikan ke hasil tes masing-masing yang telah dilakukan untuk pengambilan keputusan," kata Elsye.

Ia menambahkan, masa orientasi siswa baru pada tahun ini agak berbeda, karena banyaknya alumnus yang akan hadir sehubugan adanya reuni akbar "Arika Mangente Sekolah" yang diselenggarakan SMK 5 Ambon pada September-Oktober mendatang.

Pewarta: Claudia Bawole

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015