Ambon (Antara Maluku) - Sebanyak 1.648 atlet dari lima kecamatan akan mengikuti Pekan Olahraga Kota (Porkot) Ambon II tahun 2015, 24 Juli - 1 Agustus.

"Para atlet yang terdiri dari 917 atlet putra dan 731 putri serta official lima kecamatan telah siap mengikuti pertandingan," kata Ketua panitia Roy Mongie, di Ambon, Selasa.

Total atlet dan official yang akan terlibat dalam Porkot sebanyak 1.835 orang, setelah dilakukan apel akbar seluruh peserta maka akan dilajutkan dengan technical meeting dan persiapan pertandingan.

Roy mengatakan, seluruh persiapan yakni infrastruktur, lokasi pertandingan dan pendukung kegiatan telah dipersiapkan dengan baik.

Technical meeting akan dilaksanakan 20 - 25 Juli untuk setiap cabang di beberapa lokasi yakni kantor KONI Ambon, SKB Belakang soya, tribun Lapangan Merdeka, sport hall Karang {anjang dan aula dinas PU Maluku.

Sejumlah lokasi pertandingan telah disiapkan diantaranya Lapangan Merdeka, Dusun Eri dan desa Galala (atletik), lapangan merdeka (sepakbola), Pattimura Park (basket dan voly), sport hall (karate) Aula Dinas PU Provinsi Maluku (Catur) SMKN 7 (Tenis Meja) dan tribun lapangan merdeka (TI dan Pencak Silat).

"Kami berharap Porkot dapat sukses dalam penyelengaraan, partisipasi, prestasi dan administrasi," kata Roy.

Dijelaskannya, persiapan upacara pembukaan Porkot juga telah dipersiapkan yakni untuk pelari yang akan membawa api obor Porkot, akan dimulai dari dusun Eri kecamatam Nusaniwe.

Sedangkan api obor akan diambil dari gunung Sirimau yakni dibawa 18 atlet yang merupakan perwakilan dari sembilan cabang olah raga yang dipertandingkan.

"Selanjutnya api obor akan dibawa masuk kedalam lapangan upacara oleh dua orang mantan atlet nasional asal Maluku yakni petinju Ellyas Pical dan pelari nasional Erna Toisutta, yang akan membawa obor dari pelataran Gong Perdamaian Dunia (GPD) menuju lapangan merdeka," tandasnya.

Porkot Ambon merupakan sarana mengukur keberhasilan pembinaan olah raga di Ambon, sekaligus sebagai salah satu bentuk pertanggung jawaban KONI kepada masyarakat.

Selain itu sarana membina dan mengembangkan interaksi sosial antar atlet, warga masyarakat demi mempertahankan citra kota Ambon sebagai barometer pembinaan atlet di provinsi Maluku.

"Dan yang terpenting sarana "talent scouting" mempersiapkan atlet Ambon menuju even Pra PON tahun 2015 dan PON remaja tahun 2017," ujarnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015