Ambon (Antara Maluku) - Sebanyak tiga pasangan bakal calon peserta pilkada serentak menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD dr Haulussy Ambon, Jumat.

"Baru tiga pasangan yang hadir untuk pemeriksaan kesehatan. Sisanya akan menjalani pemeriksaan pada Sabtu (1/8) dan Senin (3/8)," kata Direktur RSUD dr Haulussy Ambon Justini Pawa di Ambon, Jumat.

Tiga pasangan bakal calon kepala daerah yang hadir untuk menjalani pemeriksaan kesehatan yakni pasangan bakal calon Bupati - Wakil Bupati Buru Selatan Hakim Fatsey-Anthon Lesnussa (HIKMAT), Tagop S Soulissa-Ayub Seleky (TOP-BU) serta Gotlief AA Gainau-Djafruddin Hamu dari kabupaten Kepulauan Aru.

Dua pasangan yakni Hakim Fatsey - Anthon Lesnussa dan Gotlief AA Gainau - Djafruddin Hamu menjalani pemeriksaan sejak pukul 09.00 WIT, sedangkan pasangan Tagop S Soulissa - Ayub Seleky baru menjalani pemeriksaan satu jam berikutnya.

Ketiga pasangan tersebut menjalani pemeriksaan kesehatan lengkap dan berakhir pukul 17.00 WIT, di mana pemeriksaan ditangani tim dokter spesialis ditunjuk Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Perwakilan Maluku dan diketuai dr Hans Liesay.

Masing-masing pasangan mengikuti tes kesehatan dalam dua tahap yakni sebelum dan sesudah makan, di antaranya tes darah, telinga hidung tenggorokan (THT), mata, penyakit dalam dan saraf.

Selain itu, masing-masing pasangan juga menjalani tes kejiwaan secara terpisah dengan menjawab sebanyak 567 soal tertulis yang disiapkan tim dokter.

Dari ketiga pasangan yang menjalani pemeriksaan kesehatan pada hari pertama, hanya pasangan Tagop Soulissa - Ayub Seleky, terlihat sedang mengalami sedikit gangguan kesehatan, karena kelelahan paskadeklarasi dan pendaftaran beberapa hari lalu.

Sedangkan Hakim Fatsey - Anthon Lesnussa dan Gotlief Gainau - Djafruddin Hamu terlihat dalam kondisi prima saat menjalani pemeriksaan.

Justini Pawa mengatakan, ketiga pasangan akan menjalani tes lanjutan berupa wawancara pada Sabtu (1/8) siang.

Pihaknya, katanya, dipercayakan menangani pemeriksaan bakal calon bupati-wakil bupati dari tiga kabupaten yakni Kepulauan Aru, Buru Selatan serta Maluku Barat Daya (MBD), sedangkan SBT dilakukan pada RSU Bula, ibu kota kabupaten tersebut.

"Besok (Sabtu) pemeriksaan kesehatan akan dilakukan terhadap tiga pasangan lainnya dari kabupaten Aru, sedangkan tiga pasangan yang telah mengikuti pemeriksaan hari ini akan kembali untuk dilakukan wawancara," katanya.

Khusus tiga pasangan bakal calon Bupati - Wakil Bupati dari MBD akan menjalani pemeriksaan kesehatan pada Senin (3/8).

Pilkada serentak kelompok pertama di Maluku akan berlangsung di Kabupaten SBT, Buru Selatan, MBD dan Kepulauan Aru.

Kabupaten SBT tercatat dua pasangan yang mendaftar yakni Abdul Mukti Keliobas-Fachry H Alkatiri didukung partai Gerindra, PKS, PPP dan Demokrat serta Sitti U Suruwaky-Sjaifuddin Goo didukung Nasdem, PKB, PDIP, Hanura dan PKP Indonesia.

Buru Selatan juga dua pasangan yakni Tagop S Soulisa - Ayub Seleky didukung koalisi PDI Perjuangan, PKB, Hanura, Nasdem, PPP, PAN dan Golkar) serta Hakim Fatsey - Anthon Lesnussa yang didukung Gerindra dan PKS.

Kepulauan Aru terdapat empat pasangan yang mendaftar yakni Johan Gonga-Muin Sogalrey diusung koalisi partai Nasdem, PKS, Demokrat dan PKP Indonesia, Welhelm Kurnala - Azis Goin (PDIP, Hanura dan PAN), Joseph Barends - Elisa Lazarus Darakay (PKB dan PPP) dan Gotlief Gainau-Djafruddin Hamu (Gerindra dan Golkar).

Sedangkan Kabupaten MBD terdapat tiga pasangan yaitu Barnabas Orno - Benjamin Noach didukuyng PDI Perjuangan, PKP Indonesia dan Demokrat), Simon Moshe Maahury - Kim Davits Markus (Hanura dan Gerindra) serta Nikolas Kilikili - Johanes H Frans (Nasdem dan PKB).

Masa jabatan Bupati SBT berakhir pada 10 September 2015, Kepulauan Aru (30 Oktober 2015), MBD ( 26 April 2016) dan Buru Selatan (22 Juni 2016). 

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015