Ambon, 24/8 (Antara Maluku) - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan program Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) di Saumlaki, ibukota kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), 25 Agustus 2015.

"Menkopolhukam didampingi Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo selaku Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) akan meresmikan program Gerbangdutas di Saumlaki pada Selasa (25/8) pagi," kata Kabag Humas Pemprov Maluku Andre Adrians kepada Antara di Ambon, Senin.

Dia mengatakan Menkopolhukam selaku Ketua Pengarah BNPP bersama Mendagri Cahyo Kumolo berangkat dari Jakarta pada Senin (24/8) malam dengan menggunakan penerbangan komersial dan tiba di Ambon Selasa (25/8) pagi.

Untuk penerbangan menuju Saumlaki menggunakan penerbangan komersial, Menkopolhukam dan Mendagri akan didampingi Gubernur Maluku Said Assagaff, Kapolda Maluku Brigjen Pol Murad ismail dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo.

Andre juga menyatakan sejumlah pejabat BNPP akan ikut dalam rombongan Menkopolhukam dan Mendagri, karena selain peresmian program Gerbangdutas para pejabat BNPP tersebut juga menjadi pembicara pada Lokakarya bertema "Mewujudkan kawasan perbatasan Maluku sebagai pintu gerbang selatan ekonomi dan perdagangan" di Saumlaki.

Pada presmian program Gerbangdutas, Menkopolhukam Luhut Pandjaitan didampingi Mendagri Cahyo Kumolo dan Gubernur Maluku Said Assagaff akan menyerahkan sejumlah paket bantuan untuk kabupaten perbatasan di Maluku, diantaranya program kegiatan dan anggaran Kementerian/Lembaga Pemerintah Nonkementerian disingkat (K/LPNK) tahun 2015 kepada kabupaten MTB, Kepulauan Aru dan Maluku Barat Daya.

Sejumlah kegiatan di tiga kabupaten yang anggarannya ditangani Kementerian/LPNK tahun 2015 yakni kapal 30 gross tonase (GT) detail disain pembangunan dermaga apung dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Selain itu pelebaran jalan dalam kota saumlaki sepanjang 4,2 kilometer serta pembangunan pasar rakyat Omele di Kecamatan Tanimbar Selatan oleh Kementerian PU dan Perumahan Rakyat (PR).

Selama di Saumlaki, Menkopolhukam dan Mendagri juga akan meresmikan sejumlah infrastruktur yang telah dibangun di ibukota kabupaten MTB tersebut, yakni monumen Presiden Indonesia pertama Ir. Soekarno dan monumen tokoh pejuang asal MTB Mathilda Batlayeri serta gedung DPRD setempat.

Setelah peresmian dan penyerahan berbagai bantuan, kedua menteri Kabinet Kerja tersebut didampingi Gubernur Said Assagaff, Kapolda Murad Ismail, Pangdam Doni Monardo, para pejabat BNPP dan tiga kabupaten akan meninjau proyek yang diresmikan tersebut.

"Sebelum kembali ke Jakarta, Menkopolhukam dan Mendagri juga akan menghadiri jamuan makan malam bersama kepala daerah dan tokoh masyarakat dari tiga kabupaten di pendopo Bupati MTB, pada Selasa (25/8) malam serta berdialog dengan masyarakat di kawasan perbatasan," katanya.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015