Ambon, 11/9 (Antara Maluku) - Gubernur Maluku Said Assagaff menyatakan jajaran Radio Republik Indonesia (RRI) hendaknya terus berkreasi dan berinovasi melalui pola-pola siaran yang lebih terpadu dan berkualitas.

"RRI saatnya terus berkreasi mengemas siaran yang mendidik masyarakat untuk lebih cerdas, maju, mandiri dan sejahtera. Apalagi RRI mampu berperan sebagai pilar penyebarluasan informasi tertua di negeri ini"," katanya, di Ambon, Jumat.

Gubernur Said menyatakan dalam sambutan tertulisnya dibacakan Staf Ahlinya Bidang Politik dan Hukum, Bakri Lumbessy, saat upacara Penyulutan Obor Tri Prasetya RRI 11 Septembr 2015, perayaan HUT RRI Ke-70, yang berlangsung di Auditorium "George de Fretes" RRI Ambon.

Menurut dia, realisme historis menunjukan bahwa peran RRI sebagai lembaga penyiaran tertua di negeri ini, telah dijalankan dengan baik.

"Catatan sejarah membuktikan, bahwa era revolusi fisik pasca Proklamasi Kemerdekaan 1945, merupakan masa-masa kritis yang benar-benar membutuhkan loyalitas dan rela berkorban untuk mempertahankan kemerdekaan di persada Bumi Pertiwi," tegasnya.

Gubernur Said mengakui, perjuangan telah ditunjukkan oleh angkasawan/angkasawati RRI di seluruh penjuru nusantara, dengan kisah-kisah heroik yang selalu dikenang.

Di era Orde Baru, angkasawan/angkasawati RRI terus aktif menyebarkan informasi pembangunan kepada seluruh rakyat Indonesia.

Jadi RRI, lanjut Gubernur, benar-benar melaksanakan amanat "the founding fathers" untuk meneruskan perjuangan mereka menuju Indonesia yang adil, makmur dan sejehtera.

Ia mengatakan, dalam perjalanan panjang pengabdian itu, RRI telah berhasil menyosialisasikan program-program kerja dan kebijakan pemerintah, mulai dari pusat sampai ke daerah.

"Program kerja dan kebijakan pemerintah terus disiarkan oleh RRI yang menjangkau hingga ke pelosok wilayah terpencil tanpa mengenal batas waktu dan tempat," katanya.

Karena itu, jajaran RRI perlu menyadari bahwa sebagai media yang menjangkau sampai ke desa-desa, terus bekerja dan berkarya demi terwujudnya masyarakat Indonesia yang cerdas, maju, mandiri dan sejahtera.

"Saya berharap kepada jajaran LPP RRI Ambon untuk terus berkreasi dan berinovasi melalui pola-pola siaran yang lebih terpadu dan berkualitas, serta mendidik masyarakat untuk lebih cerdas, maju, mandiri dan sejahtera," ujar Gubernur.

Dia juga mengharapkan dukungan RRI Ambon untuk turut menyukseskan dan menyosialisasikan Pesparawi Nasional XI yang akan diselenggarakan pada Oktober 2015 di Kota Ambon, kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015