Anda pebisnis yang sibuk dengan jadwal padat? Anda harus sering keluar kota untuk urusan bisnis Anda? Atau Anda butuh liburan dalam waktu dekat?

Untuk Anda yang sering bepergian atau senang liburan, memilih transportasi yang cepat dan praktis sangat penting. Pesawat adalah alat transportasi yang paling cepat dan praktis untuk Anda yang senang bekerja cepat.

Kini, memesan tiket pesawat tidak perlu lagi harus mengantre di loket pemesanan atau pergi ke agen tur dan travel terdekat. Dengan internet, Anda bisa melakukan segalanya di rumah secara online. Pesan tiket pesawat pun kini bisa dilakukan dari komputer atau laptop atau smartphone Anda.

Namun, memesan secara online juga ada risikonya. Anda harus jadi pembeli yang cerdas agar tidak mengalami penipuan di internet yang sedang marak saat ini.

Karena itu, sebelum Anda memesan tiket perjalanan Anda, Anda perlu mengetahui beberapa tips yang dapat membantu Anda. Tips berikut ini perlu Anda ketahui agar Anda terbebas dari penipuan.

1. Pilih website agent travel yang terpercaya atau pesan dari website resmi maskapai yang Anda inginkan

Pastikan Anda memilih tempat pemesanan tiket Anda di situs online travel agent yang terpercaya. Lihat rating-nya, telusuri sejarahnya, apakah pernah ada kasus penipuan sebelumnya. Atau, jika Anda masih belum percaya dengan online travel agent, Anda bisa memesan tiket pesawat Anda di situs milik maskapai penerbangan yang memang Anda percaya.

2. Pilih penerbangan yang Anda inginkan

Sebelum memesan, Anda perlu pastikan Anda sudah memilih rute penerbangan yang benar dan jam penerbangan yang Anda inginkan. Jika Anda sudah mendapatkan penerbangan yang sesuai, Anda bisa melanjutkan pemesanan Anda. Misalnya, Anda ingin pergi ke Hongkong, maka Anda bisa memilih maskapai Cathay Pacific yang memang melayani rute Jakarta-Hongkong.

Maskapai premium ini menyediakan lebih dari 130 rute internasional dan memang memiliki pelayanan yang sudah dipercaya. Namun, jangan terburu-buru memesan karena Anda bisa memilih penerbangan yang lebih murah dengan jam yang sama dan maskapai yang sama.

3. Bandingkan harganya dengan situs lain

Anda perlu membandingkan harga yang Anda dapatkan di situs tertentu dengan harga yang ditawarkan di tempat lain. Bukannya tidak mungkin harga yang ditawarkan travel agent lebih murah dari harga yang ditawarkan oleh maskapai tersebut.

Online travel agent biasanya memang menawarkan banyak promo, tapi jangan sampai terlalu tergiur dengan promo yang ditawarkan sampai lupa mengecek apakah situs tersebut memang terpercaya atau tidak.

4. Pastikan harga yang ditampilkan adalah harga akhir

Banyak situs penjualan tiket pesawat yang memasang harga murah, namun setelah Anda pesan, harga yang muncul berbeda. Karena itu, sebelum Anda memesan, pastikan harga yang ditawarkan adalah harga akhir alias final dan tidak ada biaya tambahan lainnya. Dengan begitu, Anda bisa tahu situs mana yang menawarkan harga paling murah tanpa biaya tambahan apa pun.

5. Jangan asal murah, pilih maskapai yang terpercaya

Memilih maskapai yang Anda inginkan juga penting. Banyak maskapai yang menawarkan harga murah, namun pelayanannya sangat jauh di bawah standar. Karena itu, memilih maskapai terbaikdengan harga termurah bisa jadi kegiatan yang cukup menantang. Seperti maskapai Cathay Pacific, misalnya.

Kini, Anda yang ingin liburan ke Hongkong bisa memesan tiket maskapai Cathay Pacific melalui situs resminya atau online travel agent yang menawarkan harga jujur. Bandingkan harganya, maka menaiki pesawat premium ini dengan harga termurah bukan lagi impian belaka.

6. Pilih situs pemesanan dengan banyak pilihan metode pembayaran

Tidak semua orang punya kartu kredit. Mungkin Anda juga tidak memilikinya. Karena itu, lebih baik pilihlah online travel agent dengan pilihan metode pembayaran yang beragam. Selain lebih praktis, Anda juga bisa langsung melakukan transaksi saat itu juga jika online travel agent tersebut menyediakan metode pembayaran melalui E-banking atau via transfer melalui ATM yang di-support oleh Traveloka.

7. Lihat tanggal batas akhir pembayaran

Terakhir, setelah pemesanan beres, pastikan Anda membayar tiket yang sudah Anda pesan sebelum jatuh tempo. Biasanya, ada maskapai atau travel agent yang mematok waktu pembayaran dalam 1x24 jam. Jika Anda tidak membayar dalam waktu tersebut, maka pemesanan Anda akan otomatis dibatalkan. Sayang, bukan, jika tiket murah perjalanan Anda melayang begitu saja karena Anda lupa membayar tiketnya dalam masa yang ditentukan? Karena itu, bacalah lagi instruksi pemesanan dengan cermat.



Pewarta: Traveloka

Editor : Pemasaran


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015