Ambon, 26/10 (Antara Maluku) - Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Maluku, Karel Ralahalu menyatakan 13 cabang olahraga lolos menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX tahun 2016 di Jawa Barat.

"Sebanyak 44 atlet dari 13 cabang olahraga telah mendapat tiket menuju pelaksanaan PON Jabar, setelah melalui seleksi Pra PON," katanya di Ambon, Senin.

Menurut dia, 13 cabang olahraga yang lolos yakni Atletik 12 atlet, selam (dua), kempo (tiga), sky air (enam), layar (dua), tenis meja (empat) volly pantai (dua), anggar (empat), karate satu atlet, sepeda (dua), tinju (tiga), dayung (dua) dan olehraga tarung drajat satu atlet.

"Dari 13 cabang olahraga yang telah lolos, amsih ada sejumlah cabang yang belum mengikuti Pra PON. Kita berharap Pra PON tinju yang digelar saat ini juga akan menghasilkan atlet yang akan dipersiapkan menuju PON," katanya.

Karel mengatakan, pihaknya telah melakukan pemusatan latihan daerah prestasi untuk mempersiapkan para atlet berkualitas menghadapi Pra-PON 2015 maupun PON XIX.

Pemusatan latihan dilakukan secara indoor maupun outdoor, guna meningkatkan kualitas fisik, teknik, strategi dan mental menghadapi pertandingan .

"Selain itu, membentuk dan memperkokoh karakter, kepribadian atlet serta pelatih agar memiliki semangat tanding pantang menyerah, membangun fanatisme daerah dan rasa bangga pada diri atlet dan pelatih dalam membela Maluku," ujarnya.

Ia mengakui, kesungguhan dan tekad bersama seluruh jajaran Koni Maluku serta dukungan pengurus pengprov, untuk bekerja keras menggembleng para atlet untuk dipersiapkan menghadapi berbagai even.

Karel menambahkan, PON merupakan titik kulminasi pembinaan prestasi olahraga nasional, untuk menuju ajang bergengsi dibutuhkan uji coba dan tes kelayakan melalui ajang pra PON yang digelar sepanjang tahun 2015.

Proses pembinaan atlet cabor telah dilakukan sejak tahun 2014 dan diuji coba pada beberapa event diantaranya Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal) III, PON Remaja I di jawa Timur dan BIMP EAGA Frenship Games Malaysia.

"Prestasi bervariasi yang diraih para atlet memberikan gambaran sesungguhnya tentang kondisi atlet Maluku saat ini. Kita berharap para atlet dapat mempersiapkan yang terbaik untuk Maluku," tandasnya.

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015