Ambon, 3/11 (Antara Maluku) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Ambon akan menyalurkan bantuan alat tangkap nelayan pancing tonda dan purse seine.

"Bantuan alat tangkap yang akan diberikan berupa pancing tonda sebanyak 15 unit dan purse seine lima unit kepada nelayan di lima kecamatan di kota Ambon, Kata Kepala DKP kota Ambon, Fernanda Louhenapessy, di Ambon, Selasa.

Pancing tonda akan disalurkan kepada nelayan di lima kecamatan, sedangkan purse seine hanya untuk empat kecamatan yakni Nusaniwe, Baguala, Leitimur Selatan masing -masing satu unit dan Sirimau dua unit.

Menurut dia, saat ini pihaknya sementara melakukan verifikasi ratusan proposal yang diajukan kelompok nelayan di kota Ambon untuk mendapatkan bantuan alat tangkap.

Pihaknya telah menerima kurang lebih 100 proposal dari kelompok nelayan, dan saat ini sementara diverifikasi terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan untuk menghindari jangan sampai ada kelompok nelayan yang telah mendapatkan bantuan pada 2014 ternyata kebagian kembali di 2015.

"Proposal yang masuk dari kelompok nelayan diseleksi terlebih dahulu dan pada akhir November 2015 barulah ditetapkan kelompok nelayan yang berhak menerima bantuan tersebut," ujar Fernanda.

Dia mengatakan, bantuan alat tangkap bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tahun 2015.

Bantuan tersebut lanjutnya telah selesai dikerjakan dan dalam waktu dekat akan dilakukan penyerahan dari pihak ketiga ke Pemkot Ambon.

Ia mengakui, bantuan tersebut nantinya saat diberikan kepada para kelompok nelayan yang berhak menerima, selanjutnya pihaknya bertugas untuk melakukan pengawasan, jangan sampai bantuan ini berpindah tangan kelompok nelayan lainnya.

Pihaknya berharap, kelompok nelayan yang memperoleh bantuan untuk memanfaatkan alat tangkap dengan baik, selain itu para nelayan juga dilarang untuk melakukan pencarian ikan di wilayah perairan kabupaten/kota lain selain perairan Ambon, karena itu akan melanggar aturan.

"Bantuan ini diberikan semata-mata untuk mendorong peningkatan kesejahteraan para nelayan di kota Ambon," tandasnya.

Sebelumnya kelompok nelayan di kota Ambon juga telah menerima bantuan tiga unit kapal penangkap purse seine berkapasitas tujuh gross ton (GT) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Kelompok nelayan dari tiga Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yakni Hative besar, Pandan kasturi dan Seilale menerima bantuan Purse Seine berkapasitas tujuh GT.

Bantuan tiga unit kapal tersebut bersumber dari dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tahun 2014.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015