Ambon, 12/11 (Antara Maluku) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ambon, Maluku, menyiapkan rekomendasi bagi warga yang mengajukan permohonan izin pangkalan minyak tanah.

"Pangkalan minyak tanah baru yang akan beroperasi harus mendapatkan rekomendasi agar jumlahnya merata di lima kecamatan di Kota Ambon," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ambon Rudy watilette di Ambon, Rabu.

Menurut dia, rekomendasi pangkalan minyak tanah diberikan setelah petugas melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan pengurus RT/RW guna melihat langsung jumlah pangkalan yang telah beroperasi serta kebutuhan masyarakat setempat.

Proses mendapatkan rekomendasi yakni pemohon mengajukan ijin operasi pangkalan minyak tanah ke Disperindag dan ditindaklanjuti dengan survei lokasi dan melihat kuota sesuai kebutuhan masyarakat.

"Survei dilakukan untuk mendapatkan kuota mitan serta jumlah KK di wilayah tersebut. Jika hasil survei menyatakan wilayah tersebut kurang pasokan maka akan diberikan rekomendasi, tetapi tida tertutup kemungkinan juga untuk ditolak karena kebutuhan mitan mencukupi," katanya.

Rudy menyatakan, pihaknya telah memberikan rekomendasi kepada 53 pengkalan mitan di Ambon yang dilakukan sejak januari hingga Oktober 2015.

Rekomendasi yang diberikan juga memperhatikan beberapa faktor yakni pihak pangkalan wajib memberikan laporan ke dinas dan melakukan penyetoran ke pihak agen.

"Kami akan memberikan sanksi yakni pencabutan izin usaha jika pihak pangkalan selama tiga bulan berturut-turut tidak memberikan laporan dan menyetor ke agen, upaya ini ditempuh untuk memberikan peluang kepada masyarakat lainnya yang ingin mendapatkan izin usaha," tandasnya.

Ia menambahkan, hasil verifikasi yang dilakukan Pemkot Ambon, PT Pertamina dan Hiswan Migas terhadap pangkalan minyak tanah tahun 2014 terdapat delapan agen dan 1.668 pangkalan di Ambon.

Verifikasi tersebut melibatkan lurah, kepala desa dan raja di 50 desa dan kelurahan untuk melakukan pengawasan dan memberikan informasi.

Data pelaku usaha pangkalan minyak tanah di Ambon mencapai 1.668, jumlah tersebut melayani lima kecamatan dengan rata-rata minyak yang didisrtibusi pihak Pertamina Ambon ke agen setiap bulan 3.200 kiloliter.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015