Ambon, 2/12 (Antara Maluku) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku memastikan penyaluran seluruh logistik pilkada serentak di empat kabupaten tahun 2015 sudah terdistribusi pada posisi H-7.

"Prinsipnya penyaluran logistik untuk empat kabupaten yang melaksanakan agenda pilkada serentak 9 Desember 2015 sudah siap distribusikan pada H-7, terutama pada wilayah kecamatan yang terjauh serta terpencil," kata Ketua KPU Maluku, Musa Toekan di Ambon, Rabu.

Sedangkan pada wilayah kecamatan yang tergolong dekat dari pusat kota kabupaten dan mudah dijangkau sudah menerima logistik pilkada serentak paling lambat pada H-3.

Bila Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sudah menerima distribusi logistik pilkada maka sesuai jadwal waktu yang telah ditentukan pada H-1 harus tiba di tingkat PPS dan KPPS.

"Berdasarkan pantauan kami untuk seluruh empat kabupaten, penyortiran dan pelipatan surat suara sudah siap seluruhnya ada dalam kotak-kotak suara dan tinggal didistribusikan pada H-7," ujar Musa Toekan.

Untuk masalah rekrutmen KPPS juga sudah dilakukan oleh Bimtek KPU kabupaten guna melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara.

Dia mengatakan, KPU Maluku mendapatkan dana Rp1,3 miliar untuk menyelenggarakan pilkada serentak pada empat kabupaten diantaranya Maluku Barat Daya, Kepulauan Aru, Seram Bagian Timur, serta Kabupaten Buru Selaran.

Sedangkan untuk APBD 2016, karena ada lima kabupaten dan kota yang akan melaksanakan pilkada serentak maka KPU provinsi telah mengusulkan dana Rp2,9 miliar untuk sejumlah item program.

Misalnya kegiatan sosialisasi, bimtek, supervisi, dan monitoring dan tentunya ada belanja modal guna memperlancar akses komisioner.

"Kalau ada kemungkinan ada penambahan anggaran, mudah-mudahan bisa terweujud tapi bentuknya dalam bentuk hibah dari pemerintah daerah," ujarnya.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015