Ternate, 2/1 (Antara Maluku) - Warga Ternate, Maluku Utara memanfaatkan libur panjang Tahun Baru dengan menikmati pesona wisata pantai Sulamadaha yang menjadi favorit destinasi pariwisata bahari di daerah ini.

"Kami bersama keluarga lebih memilih pantai Sulamadaha untuk menikmati libur panjang," kata salah seorang Ternate, Rismala ketika ditemui di pantai Sulamadaha, Sabtu

Menurut dia, Sulamadaha memiliki panorama pantai dengan pasir yang bersih, sehingga memberikan pesona tersendiri bagi warga dan wisatawan lokal yang mengunjunginya.

Selain itu, Sulamadaha, warga juga memanfaatkan libur panjang dengan menikmati suasana pantai Dorpedu yang berada di Teluk Pulau Ternate dengan pesona wisata indah.

Kehadiran warga Ternate dan berbagai daerah lainnya yang menikmati liburan panjang di ibu kota provinsi Maluku Utara itu dengan memanfaatkan pantai Sulamadaha maupun Dorpedu memberi peningkatan pendapatan bagi pedagang yang berjualan di pantai itu.

Salah seorang pedagang, Nurlaila mengakui, selama dua hari ini, pendapatannya mengalami peningkatan signifikan.

"Dagangan saya sehari saja ternyata laris mencapai Rp2,5 juta. Melonjak dibandingkan hari biasa yang hanya bervariasi Rp400.000 hingga Rp600.000/hari," ujarnya

Sedangkan, Kadis Pariwisata Kota Ternate, Anas Conoras, menyatakan, Pemkot setempat saat ini menjadikan objek wisata pantai Sulamadaha sebagai salah satu destinasi pariwisata andalan bagi kunjungan warga maupun wisatawan ingin menikmati panorama wisata bahari.

Selain itu, membenahi sejumlah objek wisata pantai lainnya seperti Tobololo, Dorpedu dan Kastela.

"Kami pun telah menyediakan alternatif wisata baru bagi masyarakat dan wisatawan mancanegara yang akan berkunjung di Kota Ternate dengan membenahi pusat kawasan Benteng Ford Oranye," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk mewujudkan potensi wisata sejarah di kota Ternate, Dinas Pariwisata telah membenahi objek wisata benteng peninggalan kolonial Belanda guna menjawab semua tantangan dan memberikan kontribusi positif dalam rangka mewujudkan Ternate sebagai Warisan Dunia. 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016