Ambon, 21/1 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) menyiapkan berbagai kegiatan dalam rangka menyukseskan tahun partisipatif masyarakat dengan slogan "Ambon Ceria " 2016.

"Mewujudkan tahun partisipatif masyarakat kita telah menyiapkan berbagai kegiatan sebagai bagian strategi pariwisata," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Ambon, Henry Sopacua, Rabu.

Ia mengatakan, rangkaian kegiatan yang disiapkan diantaranya festival manise, kuliner, pemilihan duta wisata kota Ambon, jejak pahlawan nasional Pattimura dan berbagai kegiatan tahunan.

Rangkaian kegiatan dilaksanakan disepanjang 2016 untuk mewujudkan program Ambon Ceria, dengan harapan partisipasi masyarakat terhadap pembangunan dan pelayanan publik semakin meningkat, yakni semua warga senang dan bahagia.

"Kita mencanangkan tahun mangente (datang dan kunjungi) pada 2015 dan berlangsung dengan baik yakni mendapat respon dari berbagai pihak. Jadinya pada 2016 berupaya agar tetap mendapat respon kunjungan dari wisatawan nusantara maupun mancanegara," katanya.

Henry menyatakan, acara yang dilaksanakan bersifat seni budaya khususnya musik, tarian dan alat musik, termasuk sosial dan pemerintahan.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan, lanjutnya, diprogramkan berdampak kepada pengembangan kawasan wisata, kuliner, industri dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kami berupaya memberikan dampak yang baik, karena dari kegiatan seperti inilah banyak orang yang datang ke Ambon untuk menikmati wisata alam, bahari dan budaya," ujarnya.

Ia mengakui, pihakya menyiapkan berbagai kegiatan guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara ke ibu kota Provinsi Maluku.

"Saat ini kami fokus mengembangkan dan menyiapkan berbagai event untuk mendatangkan para wisatawan nusantara maupun mancanegara di Kota Ambon," ujarnya.

Henry mengakui, mewujudkan Ambon sebagai destinasi wisata di Indonesia tidaklah mudah karena membutuhkan peranserta seluruh stakeholder serta fasilitas penunjang pariwisata.

"Mewujudkan hal tersebut dibutuhkan fasilitas penunjang, karena itu kita terus berbenah dalam mempersiapkan Ambon menjadi kota tujuan wisata di wilayah Timur Indonesia," katanya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016