Ternate, 27/1 Antara Maluku  - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) menyiapkan berbagai fasilitas untuk kenyamanan dan memanjakan wisatawan mancanegara (wisman) yang akan berkunjung menyaksikan gerhana matahari total di daerah ini pada 9 Maret 2016.

Penjabat Wali Kota Ternate Idrus Assagaf di Ternate, Rabu, mengatakan fasilitas yang disiapkan untuk kenyamanan para wisman tersebut di antaranya pusat pelayanan wisman, yang akan menyediakan berbagai informasi terkait gerhana matahari total, lokasi objek wisata dan berbagai informasi lainnya yang dibutuhkan para wisman.

Pusat layanan wisman yang akan memanfaatkan bekas gedung Pujasera Ternate di kawasan tapak II itu, akan dilengkapi pula dengan fasilitas internet, sehingga para wisman, termasuk para wartawan dari dalam dan luar negeri yang ingin mengirim berita dapat melakukannya di tempat itu.

Idrus Assagaf mengatakan, fasilitas lainnya yang akan disipakan untuk kenyamanan kepada para wisman adalah kafe khusus untuk wisman, yang bisa dimanfaatkan wisman untuk bersantai sambil menikmati berbagai kuliner khas Ternate.

Di kafe khusus wisman itu akan dilengkapi pula dengan fasilitas internet serta ada dispensasi bagi wisman yang ingin mengonsumsi minuman keras yang mereka bawa dengan syarat tidak menyalurkannya kepada masyarakat sekitarnya karena di daerah ini ada larangan peredaran minuman keras.

"Pemkot Ternate juga akan menyiapkan tempat khusus bagi wisman untuk berfoto (selfie) di kawasan pantai Falajawa dengan berlatar belakang Pulau Tidore dan Pulau Maitara. Di sekitar tempat itu akan ditanam bunga matahari yang didatangkan dari Sulawesi Utara, sehingga nuansanya sama dengan peristiwa alam gerhana matahari total," katanya.

Sejumlah Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di lingkup Pemkot Ternate tidak ketinggalan melakukan berbagai persiapan untuk memberi kenyamanan kepada para wisman yang akan berkunjung ke daerah ini, seperti Dinas Perindustrian dan Pariwisata yang akan menyiapkan pameran kerajinan Ternate.

Ia menambahkan, sejauh ini sudah ada 2.000 lebih wisman dari berbagai negara, termasuk dua kapal pesiar dan 18 kapal layar yang telah menginformasikan kedatangannya ke Ternate untuk menyaksikan gerhana matahari total pada 9 Maret 2016.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016