Ternate, 22/2 (Antara Maluku) - PT Garuda Indonesia dan Telkomsel akan intensif mempromosikan Gerhana Matahari Total (GMT) yang antara lain akan terlihat di Maluku Utara (Malut) pada 9 Maret 2016.

"Sebagai dukungan kegiatan kunjungan wisata terkait GMT, PT Garuda Indonesia dan PT Telkomsel bersama pemerhati budaya sekaligus pelaku ekonomi kreatif melakukan pertemuan, semata-mata memberikan dukungan sepenuhnya melalui promosi guna menarik wisatawan berkunjung ke Malut," kata Kepala Perwakilan Garuda Indonesia Cabang Malut, Bayu di Ternate, Minggu.

Terkait persiapan kunjungan wisata pada peristiwa GMT, Garuda akan semaksimal mungkin mempromosikan momentum wisata ini melalui media yang dimilikinya, baik di wilayah domestik maupun internasional.

Bayu menyatakan pihaknya juga berkomitmen memajukan pariwisata di Malut khususnya Kota Tidore Kepulauan melalui promosi khusus dan peningkatan mutu layanan.

Sementara itu pihak Telkomsel berupaya menyediakan jaringan yang layak khususnya di tempat yang masih lemah penerimaan sinyal termasuk lokasi-lokasi pemantauan GMT.

Telkomsel juga akan memperbesar kapasitas sehingga saat peristiwa GMT berlangsung tidak terjadi beban lebih pada jaringan.

Sementara itu, pemerhati budaya Malut Anita Gutnir meminta semua pihak memberikan peluang bagi masyarakat lokal memanfaatkan kunjungan wisatawan demi peningkatan pendapatannya.

Anita berpendapat, banyak potensi sumberdaya alam yang dapat ditingkatkan nilai ekonomisnya.

"Saya juga berupaya melakukan pelatihan dan pembinaan agar masyarakat memperoleh nilai tambah dari momentum GMT ini," katanya.

Adapun Wakil Wali Kota Muhammad Senen menjelaskan pemerintah daerah sangat berterima kasih dan sangat mengapresiasi dukungan pihak Garuda, Telkomsel bersama Tim Kreatif.

"Pemerintah daerah akan memberikan banyak kemudahan bagi para wisatawan selama kunjungan di Tidore termasuk kemudahan transportasi dan perhubungan," katanya.

Pewarta: M. Ponting

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016