Ternate, 1/3 (Antara Maluku) - Sedikitnya 270 siswa akan dilibatkan dalam penyelenggaraan Festival Legu Gam (FLG) di Ternate Maluku Utara (Malut) tahun 2016 yang dijadwalkan bersamaan dengan terjadinya Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret mendatang.

"Pesta rakyat Legu Gam Moloku Kie Raha ini persiapannya telah rampung, tinggal pelaksanaan saja," kata Sekretaris Panitia FLG, Rinto Thaib di Ternate, Selasa.

Dia mengatakan, 270 pelajar SD hingga SMA itu akan dilibatkan dalam acara pembukaan festival, dimana akan ada 11 pementasan tarian mulai dari cakalele, soya-soya, salai jin, foya jawa, katreji, tide, gala, dan lala.

Sedangkan pementasan teater akan dibawakan oleh mahasiswa UMMU Ternate.

Menurut Rinto, gladi bersih dijadwalkan tanggal 3 Maret.

Adapun kegiatan pameran Expo Legu Gam digelar mulai hari ini.

Rencananya FLG akan dibuka oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

"Jika JK jadi datang maka jadwal pembukaan akan disesuaikan lagi, mungkin tanggal 8 Maret 2016, karena harus disesuaikan dengan jadwal Wapres," katanya.

Rinto mengungkapkan, FLG kali ini lebih banyak menampilkan kekayaan seni budaya Maluku Utara.

Ditambahkan, Putri Thailand Sirindhom juga sudah dipastikan datang ke Kota Ternate. Kunjungannya itu terkait dengan bantuan yang diberikan ke SDN 50, khususnya untuk perbaikan gizi dan kesehatan siswa.

Kepala Bidang Dikdas Dinas Pendidikan Kota Ternate, Aziz Tukuboya ketika dihubungi secara terpisah mengatakan, Putri Thailand juga akan memberikan bantuan untuk pembangunan ruang UKS, perpustakaan, kamar mandi, kebun sekolah, dan tempat bermain siswa.

"Ternate merupakan Kota kedua di Indonesia setelah Kota Bogor yang mendapat bantuan dari Putri Thailand. Di Bogor sudah tujuh sekolah yang menerima, sedangkan di sini baru SD Negeri 50 saja," katanya.

Pewarta: M. Ponting

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016