Los Angeles, March 7 (Antara/Reuters) - Ibu negara AS Michelle Obama akan menghadiri upacara pemakaman Nancy Reagan di Perpustakaan Ronald Reagan di California, kata para pejabat, Senin.

Upacara pemakaman Nancy di Ronald Reagan Presidential Library dijadwalkan pada Rabu, Kamis, dan Jumat.

"Ibu negara Michelle Obama akan menghadiri acara pemakaman Nyonya Reagan," kata seorang pejabat Gedung Putih.

Nancy, mantan aktris yang kuat melindungi suaminya sejak masih menjadi bintang Hollywood hingga delapan tahun sebagai Presiden AS, juga upaya pembunuhan dan penyakit Alheimer, meninggal dunia hari Minggu dalam usia 94 tahun.

Ia meninggal di rumahnya di Los Angeles akibat penyakit gagal jantung, kata seorang juru bicara Reagan Presidential Library.

Presiden Barack Obama menginstruksikan pengibaran bendera setengah tiang di Gedung Putih dan gedung-gedung publik, pos militer, dan fasilitas lainnya sebagai tanda penghormatan.

Nancy Reagan adalah salah seorang ibu negara AS paling berpengaruh dalam sejarah bangsa itu, saat suaminya menjabat Presiden tahun 1981--1989.

Ronald Reagan, yang semasa hidup biasa memanggil isterinya dengan sebutan "Mama", sementara Nancy memanggilnya "Ronnie", meninggal pada 2004 setelah lama berjuang melawan Alzheimer, gangguan pada otak yang menyerang daya ingat.

Presiden Barack Obama dan isterinya Michelle menghormati Nancy Reagan sebagai sosok yang menegaskan kembali peranan ibu negara.

"Nancy Reagan pernah menuliskan bahwa tidak ada yang dapat mempersiapkan anda untuk tinggal di Gedung Putih," demikian pernyataan tertulis yang dibuat Barack Obama dan isterinya pada Minggu.

"Dia benar, tentu saja. Kami beruntung mendapatkan manfaat dari sifatnya yang hangat dan rendah hati dalam memberi nasihat."

(Dilaporkan oleh Jon Herskovitz in Austin, Texas, and Roberta Rampton and Will Dunham di Washington, editor Peter Cooney)

Pewarta: John Nikita Sahusilawane (*)

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016