Ternate, 30/5 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Ternate Maluku Utara (Malut) meraih penghargaan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) karena dianggap berhasil memberikan pelayanan terkait kenaikan pangkat pegawai di lingkup pemerintah setempat.

"Penghargaan ini diberikan kepada BKD Kota Ternate saat kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian yang dilakukan BKN dan penyerahan pengharggaan ini juga diberikan kepada kementerian/lembaga serta pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota di Indonesia dalam delapan kategori yang dilombahkan BKN," kata Kepala BKD Kota Ternate Junus Yau di Ternate, Senin.

Junus Yau mengatakan delapan kategori tersebut adalah perencanaan kepegawaian, pelayanan pengadaan kepangkatan, pelayanan pensiun, implementasi sistem "computer assisted test (CAT)" implementasi penilaian kinerja, "assesment centre", pelaksanaan pendataan ulang pegawai negeri sipil secara elektronik (e-PUPNS) dan BKD inovatif.

Dari delapan kategori itu, kata Junus, setiap kategori diambil lima nominasi terbaik dan Pemkot Ternate masuk dalam nominasi tersebut, dan di Malut hanya kota Ternate yang mendapat penghargaan tersebut.

"Pemkot Ternate masuk nominasi pada kategori pelayanan pengadaan dan kepangkatan terbaik, dan menerima penghargaan dari BKN, di Malut hanya Kota Ternate yang masuk dalam nominasi itu, karena memiliki keberhasilan dalam pengelolaan manajemen kepegawaian," kata Junus.

Menurut Junus, penghargaan yang diraih Pemkot Ternate itu akan dijadikan sebagai motivator bagi PNS untuk tetap memberikan pelayanan terbaik di bidang kepegawaian.

"Bagi kami, walaupun Kota Ternate berada di urutan keempat untuk ukuran kabupaten/kota seluruh Indonesia, tapi patut disyukuri, kami akan jadikan sebagai pendorong untuk tetap memberikan pelayanan terbaik di bidang kepegawaian di Kota Ternate, sehingga ke depan akan terus lebih baik," ujarnya.

Oleh karena itu, dirinya menambahkan penghargaan dari BKN adalah alat untuk berprestasi tapi pelayanan terbaik kepada masyarakat atau pegawai adalah tujuan utama BKD Kota Ternate.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016