Ambon, 18/6 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar pasar murah Ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah di dua lokasi pada 20-25 Juni 2016.

"Tahun 2016 pasar murah Ramadhan difokuskan di dua lokasi di Kota Ambon yakni Negeri Laha 20 - 22 Juni dan Batu Merah 23 - 25 Juni 2016," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat, Carolina Silooy di Ambon, Sabtu.

Ia mengatakan, kegiatan pasar murah dilakukan untuk membantu masyarakat ekonomi lemah untuk membeli kebutuhan pokok saat Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Pasar murah diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan guna membeli kebutuhan pokok dengan harga di bawah standar distributor," katanya.

Menurut Carolina, pelaksanaan pasar murah pihaknya mengalokasikan anggaran subsidi sebesar Rp150 Juta.

"Subsidi disiapkan agar harga jual di pasar murah Ramadhan lebih murah dibandingkan di pasar tradisional, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik," ujarnya.

Ia menyatakan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan lima distributor di Kota Ambon dsn Perum Bulog Maluku untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

"Sebagian distributor telah menyatakan kesediaannya berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dan menjual aneka kebutuhan pokok seperti beras, gula, telur, terigu, minyak goreng dan kebutuhan lainnya dengan harga yang terjangkau," katanya.

Masyarakat  diharapkan dapat memanfaatkan optimal pasar murah tersebut guna membeli kebutuhan pokok menjelang hari raya Idul Fitri.

"Barang yang dijual tanpa kupon, karena itu kami berharap semua masyarakat bisa datang membeli kebutuhan dengan harga terjangkau," ujarnya.

Dia menambahkan, di pasar murah Ramadhan pihaknya menyediakan harga subsidi bekerja sama dengan distributor.

Kebutuhan pokok yang disiapkan di pasar murah di antaranya gula pasir, tepung terigu, telur ayam, margarin, susu kaleng, minyak goreng dan beras.

"Harga yang ditawarkan terdapat selisih Rp1.000 - Rp5.000. Selain itu kami juga didukung pihak swalayan yang menjual aneka minuman dan kue kering sebagai bentuk persiapan menjelang hari raya," ucap Carolina. 

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016