Ambon, 20/6 (Antara Maluku) - Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyatakan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) siap menerapkan model pelayanan ramah anak.

"Seluruh Puskesmas di Kota Ambon siap untuk menerapkan model pelayanan ramah anak, sebagai upaya mewujudkan Ambon sebagai kota layak anak," katanya saat membuka kegiatan advokasi penerapan model pelayanan ramah anak di puskesmas di Ambon, Senin.

Ia mengatakan, anak memiliki peran yang penting dan strategis dilihat dari beberapa aspek penting di antaranya aspek persepsi iman bahwa anak adalah karunia dari Tuhan yang Maha Esa untuk melanjutkan generasi keluarga selaku ahli waris.

Sedangkan dari pandangan lainnya, anak pada prinsipnya juga merupakan generasi penerus yang sangat menentukan bagaimana arah perjalanan bangsa ke depan.

"Saat ini pemerintah memberikan perhatian yang serius kepada anak-anak, sebagai bentuk kesadaran bahwa anak adalah harapan besar bagi kehidupan bersama, sehingga mereka perlu mendapat kehidupan yang layak, untuk tumbuh dan berpartisipasi dalam pembangunan ke depan," katanya.

Menurut dia, kebutuhan akan kehidupan yang layak bagi anak meliputi banyak hal yakni pelayanan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas untuk meningkatkan pribadi anak, kebebasan dalam berpartisipasi, serta pelayanan kesehatan yang bermutu dengan disertai pemberian jaminan sosial sesuai kehidupan anak.

Khusus di bidang kesehatan ke depan setiap puskesmas yang ada di Kota Ambon akan diarahkan untuk menerapkan model pelayanan ramah anak.

"Upaya ini sangat penting untuk dijalankan, agar anak mendapatkan layanan kesehatan yang baik," ujarnya.

Richard berharap, ke depan seluruh aparatur dapat menjadi pioneer untuk menerapkan model pelayanan ramah anak di setiap puskesmas.

Penyelenggaraan advokasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang pemenuhan hak kesehatan dasar dan kesejahteraan anak, memberikan rujukan untuk mengembangkan puskesmas menjadi puskesmas dengan pelayanan ramah anak, memberikan kesamaan persepsi tentang penyelenggaraan puskesmas dengan pelayanan ramah anak.

"Serta memberikan pemahaman tentang langkah-langkah pengembangan pelayanan ramah anak di puskesmas" tandasnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016