Ambon, 20/6 (Antara Maluku) - Pemuda Maluku meminta Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) ke-72 di Kota Ambon, Provinsi Maluku, 9 Februari 2017.

"Saya saat penyampaian pandangan umum pada Rakernas II DPP KNPI, telah meminta secara langsung kepada Ketua Umum Fahd El Fouz Arafiq untuk mendukung suksesnya penyelenggaran HPN 2017 di Maluku," kata Ketua DPD KNPI Maluku, Subhan Pattimahu, yang dikonfirmasi dari Ambon, Senin.

Menurut dia, ditunjukkan Kota Ambon sebagai tuan rumah penyelenggaraan HPN 2017 merupakan sebuah kehormatan besar insan pers di tanah air kepada Maluku sehingga patut diapresiasi dan didukung.

"Ketua Umum Fahd El Fouz Arafiq juga telah menyatakan siap menyukseskan penyelenggaraan HPN di Ambon, termasuk bersama-sama dengan PWI menggelar berbagai kegiatan pra-HPN," katanya.

Dia memandang penyelenggaraan HPN di Ambon yang dijadwalkan akan dihadiri Presiden Joko Widodo, sangat strategis guna mendorong percepatan berbagai sektor pembangunan di salah satu provinsi di kawasan timur tersebut.

"Maluku saat ini menjadi sorotan dunia internasional karena besarnya kekayaan sumber daya alam (SDA) yang melimpah, baik potensi kelautan dan perikanan maupun mineral dan gas dan perlu dimanfaatkan optimal untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.

Dia juga menyatakan, KNPI siap bergandengan tangan dengan insan pers di Maluku yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) provinsi Maluku untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan menjelang puncak HPN pada 9 Februari 2017.

Selain HPN, menurut Subhan beberapa agenda prioritas yang gencar memperjuangkan yakni Tol Laut, provinsi kepulauan serta lumbung ikan nasional (LIN) yang telah diperjuangkan pemerintah dan masyarakat Maluku sejak tahun 2010.

"Maluku memiliki potensi sumberdaya perikanan mencapai 1,64 juta ton per tahun dan memberikan kontribusi sebesar 26,3 persen terhadap potensi perikanan nasional, sehingga sangat layak ditetapkan sebagai LIN," katanya.

Dia menambahkan, dirinya telah meminta DPP KNPI untuk ikut mendorong Pemerintah Pusat segera menetapkan Maluku sebagai LIN maupun memperjuangkan berbagai program sebagai implementasi kebijakan tol laut.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016