Ambon, 23/6 (Antara Maluku) - Kejuaraan Nasional Open Water Swimming Teluk Ambon II atau lomba renang Teluk Ambon terbuka II dijadwalkan berlangsung pada Agustus 2016.

"Sesuai jadwal yang ditetapkan Pengurus Besar (PB) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) kejurnas akan dilaksanakan 1-3 Agustus 2016," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon, Maluku, Henry Sopacua di Ambon, Kamis.

Menurut dia, kejurnas renang Teluk Ambon melombakan tiga nomor yakni 3.000 meter, 5.000 meter, 10.000 meter.

Ia mengatakan pihaknya telah mengirimkan undangan kepada 34 provinsi untuk mengikuti event tingkat nasional di Ambon, 60 peserta dari berbagai provinsi telah mendaftar seperti Provinsi Jawa Barat, Bali, DKI Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat dan sejumlah daerah lain.

"Sebayak 60 peserta termasuk 20 orang perenang asal Thailand akan berpartisipasi sebagai peserta lomba," katanya.

Ia mengatakan, kejurnas tahun 2015 diikuti peserta dari tujuh Provinsi di Indonesia yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Riau, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, dan tuan rumah adalah Maluku.

Para peserta, lanjutnya terus mendaftarkan diri dan diperkirakan untuk peserta nasional dapat mencapai 100 peserta diluar peserta dari Thailand.

"Peserta dari Thailand juga telah menghubungi panitia untuk mengikuti kejuaraan dan telah diberikan syarat, prisipnya mereka siap untuk memenuhi," ujarnya.

Henry menyatakan, tahun 2015 kejuaraan ini memang baru pertama digelar di Ambon, sehingga kedepan akan diprogramkan menjadi kalender tetap Pemkot Ambon setiap tahun menjelang perayaan HUT.

Pertimbangannya, Kota Ambon dipersiapkan menjadi kota destinasi wisata nasional karena memiliki aneka pesona wisata maupun kekayaan alam lainnya sehingga digelarnya Kejurnas renang diharapkan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke sini.

"Saya berharap melalui kejuaraan ini para peserta dapat menjadi duta Kota Ambon untuk menyampaikan keindahan dan damainya daerah ini, sehingga ketika kembali ke masing - masing Provinsi menyosialisasikan bahwa ibu kota Provinsi Maluku ini ideal dikunjungi," tandasnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016