Ambon, 14/7 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Ambon melakukan sosialisasi persiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak wali kota dan wakil wali kota tahun 2017.

"Pilkada serentak dilaksanakan 15 Februari 2017, mulai Juli seluruh mekanisme telah berlangsung dan Pemkot Ambon berkewajiban untuk menyiapakan seluruh aparatur terkait serta masyarakat untuk menyambut pesta demokrasi dengan antusias," kata Wali Kota Ambon saat pelaksanaan sosialisasi, Kamis.

Dikatakan, pesta demokrasi lima tahunan harus berjalan dengan baik atas dukungan berbagai pihak, karena itu dibutuhkan dukungan berbagai pihak untuk menunjang suksesnya Pilkada.

"Ini adalah pesta jadi semua warga harus bergembira tetapi sesuai aturan yang berlaku, karena itu melalui sosialisasi dan koordinasi dengan seluruh instansi terkait dalam menghadapi pilkada 2017," katanya.

Richard menyatakan, sosialisasi yang dilakukan banyak hal baru yang disampaikan KPU, Panwaslu, aparat keamanan yakni TNI POlri bahkan Pengadilan Tinggi, yang akan menjadi referensi bagi para camat, lurah, raja,kepala desa dan RT dan RW.

"RT dan RW merupakan ujung tombak penyelenggara Pilkada, sehingga harus diberikan sosialisasi agar ada satu pemahaman yang sama," ujarnya.

Pihaknya juga akan memberikan dukungan kepada penyelenggara Pilkada yakni KPU, Panwas serta aparat keamanan. Dukungan yang diberikan berupa penyediaan sarana dan prasarana, anggaran serta monitoring penyelengaraan Pilkada.

Dukungan yang dilakukan lanjutnya dilakukan saat ini dengan sosialiasi kepada pemilih pemula dan perempuan untuk mensukseskan Pilkada.

"Kita juga akan melakukan monitoring kelancaran Pilkada yang dilakukan Bagian Pemerintahan bekerjasama dengan panwaslu, serta antisipasi perkembangan tahapan PIlkada dengan KPU, serta melakukan konsolidasi ketertiban,keamanan antar instansi," tandasnya.

Richard menambahkan, dukungan anggaran diberikan kepada KPU dan aparat TNI Polri. Untuk KPU kami menganggarkan Rp26 Miliar dan dalam waktu dekat juga akan diserahkan kepada TNI dan Polri.

"Dalam waktu dekat kita akan penuhi pengajuan aparat kepolisian, saat ini sementara diverifikasi bagian Keuangan dan dipastikan dalam pekan ini akan diserahkan," katanya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016