Ambon, 9/8 (Antara Maluku)- Peserta lomba layar Darwin-Ambon Yacht Race (DAYR) 2016 menurut rencana dilepas dari pelabuhan Darwin, Australia Utara pada 13 Agustus 2016.

"Itu berarti perahu yang akan tiba pertama di lokasi finis pantai Amahusu, kecamatan Nusaniwe diperkirakan pada hari Senin (15/8) pagi dan bisa saja agak siang sebab tergantung angin yang bertiup," kata Sekretaris Pemerintah Kota Ambon, A.G.Latuheru di Ambon, Selasa.

Dia mengatakan, acara pelepasan yang akan berlangsung di pelabuhan Darwin 13 Agustus 2016 itu juga akan disaksikan Kepala Dinas Pariwisata Kota Ambon Hendrik Sopacua yang ditunjuk Penjabat Wali Kota Ambon sebagai wakil dari Pemkot Ambon.

Sedangkan peserta lomba DAYR 2016 ini hanya diikuti oleh 18 perahu layar. Jumlah ini agak menurun jika dibandingkan 2015 di mana pesertanya sebanyak 22 perahu.

"Perahu peserta yang berhasil masuk lokasi finis pertama akan disambut oleh Penjabat Wali Kota Ambon, Frans Papilaya dan masyarakat Kota Ambon dengan berbagai atraksi sebagaimana biasa yang dilakukan dari tahun ke tahun," ujarnya.

Setelah semua peserta masuk finis di pantai Negeri Amahusu, lanjutnya, akan dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan yang sudah dijadwalkan panitia lokal maupun dari Darwin, diantaranya makan malam bersama peserta lomba dan sejumlah kegiatan olahraga.

"Di antaranya pertandingan olah raga persahabatan antara peserta lomba dengan warga Negeri Amahusu dan sekitarnya," katanya.

Kemudian nantinya pada 19 Agustus 2016 akan dilakukan pembagian tropi kepada para pemenang sekaligus ada sosialisasi terkait Asian Games, sebab sesuai rencana pada kesempatan itu juga akan hadir beberapa pejabat dari Jakarta dan kalau tidak ada halangan diantaranya Menteri koordinator Kesejahtraan rakyat.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016