Ambon, 22/8 (Antara) - Ketua Umum DPP Partai Golkar, Setya Novanto dijadwalkan menghadiri pembukaan musyawarah daerah (Musda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Maluku di Ambon, 29 Agustus 2016.

"Kami sudah berkoordinasi dengan DPP, makanya Ketua Umum dijadwalkan menghadiri Musda Partai Golkar Maluku," kata Wakil Sekretaris DPD Partai Golkar Maluku, Piet Manuputty dikonfirmasi di Ambon, Senin.

Sejumlah fungsionaris pusat Partai Golkar juga dijadwalkan mendampingi Ketua Umum.

Hanya saja, kepastian jumlah fungsionaris Partai Golkar yang dijadwalkan menghadiri Musda Partai Golkar Maluku masih dikoordinasikan.

"Pastinya Musda siap diselenggarakan di Ambon karena sudah mengalami penangguhan beberapa kali," ujar Piet.

DPP Partai Golkar awalnya menginstruksikan Musda harus dilaksanakan sebelum 29 Juni 2016, menyusul Munaslub di Bali pada akhir Mei 2016.

DPD Partai Golkar Maluku mengusulkan penangguhan Musda dan disetujui DPP diselenggarakan pada 22 - 26 Juli 2016.

Namun, ditangguhkan kembali karena adanya rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Golkar di Jakarta pada 26 - 28 Juli 2016.

Piet mengemukakan, DPD Partai Golkar Maluku mengusulkan penangguhan dengan alasan mempertimbangkan kondisi geografis yang membutuhkan transportasi, terutama pesawat dari sejumlah kabupaten/kota di wilayah Tenggara Maluku.

"Bayangkan seperti DPD Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) ke Ambon sering memanfaatkan pesawat atau kapal ke Kupang, NTT selanjutnya ke Surabaya, Jawa Timur," ujarnya.

Begitu pula sejumlah agenda DPD Partai Golkar yang harus dirampungkan pelaksanaannya seiring sebagian fungsionaris saat itu sedang menunaikan bulan suci Ramadhan 1437 Hijriah.

"Jadi syukurlah Musda ditangguhkan sehingga rekan - rekan yang beragama Islam bisa menunaikan ibadah Puasa maupun merayakan Idul Fitri 1437 Hijriah dengan baik," kata Piet.

Karena itu, penyelenggaraan Musda sudah disampaikan kepada 11 DPD Partai Golkar di Maluku.

"Penyelenggaraan Musda sudah diberitahukan jadwal waktunya kembali sehingga masing - masing DPD di 11 kabupaten/kota di Maluku memiliki kesempatan untuk mempersiapkan diri lebih baik," ujarnya.

Musda DPD Partai Golkar Maluku salah satu agenda utamanya adalah pemilihan Ketua periode 2016 - 2021.

Selain itu, membicarakan program kerja, termasuk konsolidasi pemenangan dalam Pilkada serentak kelompok kedua yang dijadwalkan pada 15 Februari 2017.

Peserta Musda terdiri dari pengurus inti DPD Golkar di kabupaten dan kota, ketua organisasi sayap dan pengurus DPD Golkar Maluku.

Pantauan lapangan, kandidat yang saat ini menyatakan kesediaan maupun kesiapan untuk memimpin DPD Partai Golkar Maluku lima tahun ke depan adalah Said Assagaff yang juga Gubernur setempat.

Said saat ini adalah Ketua Dewan Pertimbangan DPD Partai Golkar Maluku .

Sedangkan, Ketua DPD Partai Golkar Maluku, Zeth Sahuburua yang juga Wagub setempat telah berakhir masa kepemimpinannya sejak terpilih pada Desember 2009. 

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016