Ambon, 26/9 (Antara Maluku) - Maluku meloloskan satu lagi petinjunya, David Isikiwar (81 Kg), ke babak final PON XIX yang akan digelar di GOR tinju Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat pada 27 September 2016.

"David lolos ke final setelah di babak semi final mengalahkan Yudhy dari Sumatera Barat pada Jumat (25/9) malam," kata Manager Tim Tinju Maluku, Arthur Manuputty, dihubungi dari Ambon, Senin.

David di babak final akan berhadapan dengan Joshua Manulang dari Jawa Barat.

Sebelumnya, dua petinju putri yakni Juliana Patty (60 Kg) Welmy Pariama (kelas 64 Kg) telah lolos ke babak final.

Juliana menang atas Nur Hukanah (Sulawesi Tengah) dan Welmy unggul dari VikoLido (Kepulauan Riau) saat pertandingan pada Sabtu(24/9).

Di final Juliana akan berhadapan dengan Huswau Hazanah dari Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Welmy menghadapi petinju Papua, Salamina Yerisitouw.

Arthur yang didampingi pelatih, Agus Titaley mengakui, keberhasilan David mengangkat nama Maluku karena tiga rekan lainnya sebelumnya kalah saat bertanding pada Minggu (25/9) malam.

Rocep Souhoka (46 Kg) harus mengakui keunggulan Valentino (Bali), Julius Lumoly (56 Kg) halah dari Atris (NTT) dan Graacia Kaihatu (57 Kg) dikalahkan Silva Ratu (Kalimantan Selatan).

Ketiganya berhak atas mendali perunggu sehingga hasil tersebut mempengaruhi target perolehan medali maupun perbaikan peringkat Maluku.

"Kami mengharapkan ketiga berhasil lolos ke babak final bisa mengukir prestasi terbaik agar memberikan kontribusi bagi perolehan medai emas agar target terealisasi," tandas Arthur.

Maluku pada PON XIX menerjunkan tiga petinju putri lainnya yakni Onna Paays (48 Kg), Fenny Benamen(51 Kg) dan Ester Kalayukin (54k Kg), hanya gagal mengukir prestasi terbaik.

Begitu juga tiga petinju putra lainnya yakni Valen Ngarbingan (52 Kg), Ralin Lumoly (64 Kg) dan Bram Betaubun (75 Kg).

"Pengprov Pertina Maluku menargetkan meraih tiga medali emas dengan menerjunkan masing - masing enam petinju putra maupun putri," ujar Arthur.

Sebelumnya, Ketua Pengprov Pertina Maluku Sam Latuconsina menargetkan meraih tiga medali emas di PON XIX.

"Kami menargetkan tiga medai emas, menyusul PON XVIII hanya menyumbangkan satu dari empat medali emas yang diraih Maluku sehingga hanya berada di peringkat ke- 20 dari 33 provinsi," katanya.

Karena itu, Lodewyk Batlajery yang menyumbangkan medali emas di kelas welter (69 Kg) dipercayakan menjadi tim pelatih guna memotivasi 12 petinju agar mengukir prestasi sebagaimana seniornya.

"Sekiranya tinju bisa menyumbangkan medali emas lebih dari tiga, maka mendukung target KONI Maluku agar berada di peringkat ke- 17," tandas Sam.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016