Ambon, 5/12 (Antara Maluku) - Masyarakat Kota Ambon yang beragama Kriten mulai pekan pertama Desember menyerbu toko-toko penjualan pernak-pernik natal untuk membeli.

Pantauan Antara di pertokoan Gang Pos Ambon, Senin, terlihat para pedagang sibuk melayani para pembeli yang berkunjung ke toko mereka.

Ceng, pemilik toko Sentral jaya, yang ditemui disela-sela ramainya pembeli mengatakan, sudah sejak hari Sabtu banyak kaum Nasrani yang datang berbelanja pernak-pernik natal.

"Ada yang membeli pohon natal yang berukuran kecil, ada juga yang sedang bahkan ukuran besar, di samping pernak-pernik lainnya mulai dari hiasan sampai berbagai macam warna-warni lampu hiasan pohon natal," ujarnya.

Ditanya harga satu pohon natal, Ceng mengatakan berbagai ukuran pohon natal yang dipajang dengan harga mulai dari Rp125.000/buah hingga Rp6 juta/buah.

"Kalau yang kecil-kecil ini hanya dipatok harga mulai dari Rp125.000 hingga Rp200.000/pohon, sedangkan ukuran sedang sesuai ukuran yakni untuk empat fit harganya Rp800.000/pohon, ukuran lima fit Rp900.000/pohon," katanya.

Jadi semua pohon sesuai ukuran kita sudah tempelkan harganya, tanggal masyarakat memilih mana kena dihati langsung beli, kalau ukuran tujuh fit seperti ini dipatok harga Rp3 juta/pohon sudah lengkap dengan lampu maupun pernak-perniknya begitu juga dengan 10 fit lengkap harganya Rp6 juta/pohon.

Sedanbgkan pernak-pernik lainnya sampai pada berbagai aksesori lainnya penjaga toko mematok harga mulai dari Rp75.000/buah hingga Rp200.000/buah tergantung selera yang mana mua.

Gloria (45), ibu rumah tangga yang bermukim di kawasan Batu meja ketika di temui saat menawarkan beberapa jenis lampu hias pohon natal mengatakan, datang ke toko ini hanya untuk membeli pernak-pernik saja, sebab pohon natal tahun yang lalu masih ada tersimpan dengan baik.

"Jadi untuk perayaan tahun ini hanya membeli lampu-lampunya saja dan beberapa aksesori yang kelihatannya sangat menarik," ujarnya.

Memang kalau berbicara soal pernak-pernik natal sampai pada berbagai macam lampu setiap tahun ada saja yang baru yang menarik perhatian untuk membeli.

"Saya tadi sudah membeli dua macam lampu lampu pohon natal dengan harga masing-masing Rp125.000, dan Rp85.000/buah, dan sementara lihat-lihat lagi yang lain," katanya sambil berlalu.

Ruben seorang nasrani yang bermukim di Negeri Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, ketika ditemui seusai membeli pohon natal dengan harga Rp800.000/pohon mengatakan, sudah cukup kalau pohon natal dengan tinggi ukuran empat fit, lumayan.

"Kebetulan rumah saya dijadikan lokasi perayaan natal unit empat , karena di rumah saya pohon natalnya kecil tidak bisa dipajang di halaman saat perayaan natal unit terpaksa saya harus membeli yang besar biar bagus dan cocok kalau perayaan natal unit," ujarnya.

Kalau lampu-lampu, lanjutnya, nanti ada saudara lain yang siap membawa dari rumah mereka untuk menghias pohon natal dan reuangan tempat perayaan nanti, jadi tidak terlalu repot.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016