Ambon, 29/1 (Antara Mayaut) - Pengurus Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (Pengkot PTMSI) Kota Ambon melakukan seleksi atlet muda tingkat SD - SLTP dalam rangka persiapan menghadapi PON remaja tahun 2017.

Ketua Pengkot PTMSI Ambon Roy Mongie di Ambon, Minggu mengatakan, setelah melaksanakan program kejuaraan antarpelajar se kota Ambon tahun 2016 ditindaklanjuti dengan seleksi atlet muda menjelang PON remaja tahun 2017.

"Hasil pertemuan dengan orang tua siswa telah disetujui proses seleksi akan dilaksanakan setiap hari minggu ,sehingga kedepan kita akan mendapatkan atlet muda berbakat yang dapat mengharumkan nama Maluku khususnya kota Ambon," katanya.

Menurut dia, kejuaraan antarpelajar dihasilkan sebanyak 24 siswa tingkat SD - SLTP, selanjutnya dilakukan penyaringan sehingga nantinya akan dipersiapkan 12 siswa untuk dilatih mengikuti kejuaraan daerah serta PON remaja.

"Proses seleksi akan dilakukan selama tiga bulan kami pastikan akan diperoleh atlet muda yang dapat memberikan prestasiti. Seleksi ini juga untuk persiapan menghadapai Popmal ," ujarnya.

Roy mengakui, atlet tenis meja Kota Ambon sangat minim dibandingkan dengan cabang olah raga lain yang berkembang dengan pesat. Pihaknya juga berupaya membuka kesempatan seluas- luasnya untuk mencari bibit baru olah raga tenis meja dengan mengimbau pihak sekolah untuk mengoptimalkan pembinaan.

Berbagai kejuaraan atau perlombaan diikuti sebagai pengalaman sehingga para atlet akan lebih berpengalaman dan profesional dalam mengikuti berbagai ajang. Dukungan orang tua dan guru juga sangat diharapkan demi kemajuan prestasi para atlet.

"Saya optimis untuk kembali mengharumkan nama tenis meja di tingkat nasional maupun regional, kami berupaya memanfaatkan berbagai kejuaraa untuk menjaring atket pemula berprestasi," ujar Roy.

Ia menjelaskan, pihaknya bersyukur hasil seleksi Pra PON di Bali sebanyak lima atlet tenis meja Maluku dari Kpta Ambon lolos ke Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat pada 2016.

"Kelima atlet tersebut merupakan atlet Kota Ambon yang telah menyumbangkan medali di Bali.Kami berharap prestasi yang diraih tidak hanya saat ini tetapi berlanjut," katanya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017