Ambon, 6/2 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon Maluku mempromosikan objek wisata dan budaya daerah itu saat peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2017.

Promosi objek wisata dilakukan melalui Pameran Produksi dan Potensi Ambon di ajang Maluku Expo yang digelar 4-9 Februari 2017 di Lapangan Merdeka.

"Kami telah membentuk tim yang terdiri dari Disparbud, Disperindag, Bappekot dan instansi terkait guna menyukseskan kegiatan serta mempromosikan berbagai objek wisata, kuliner dan kerajinan khas Ambon," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon Henry Sopacua di Ambon, Minggu.

Menurut dia, pelaksanaan peringatan HPN dapat menjadi acara untuk menarik wisatawan berkunjung ke daerah itu. Tidak hanya menikmati wisata alam atau bahari tetapi juga wisata sejarah dan budaya.

"Peran media sangat strategis untuk mengkampanyekan potensi wisata Maluku. Para awak media yang hadir akan mempromosikan Ambon dari berbagi sisi. Hal ini menjadi kekayaan besar bagi Kota Ambon dan Maluku," katanya.

Henry mengatakan menjual dan mempromosikan Ambon membutuhkan peran serta masyarakat yang dinamis dan punya keramahan dan keakraban, serta hidup yang aman, nyaman dan damai.

"Keramahan warga menjadi modal utama, selain itu tanpa dukungan media momentum HPN ini tidak dapat diketahui masyarakat diluar Ambon," ujarnya.

Ia menjelaskan sekecil apa pun kegiatan HPN yang dilakukan di Kota Ambon, akan memiliki dampak berlipat ganda terhadap perkembangan ibu kota provinsi Maluku tersebut di masa mendatang.

"Dampak dari pelaksanaan kegiatan ini bukan hanya di provinsi Maluku tetapi seluruh Tanah Air akan mengetahui tentang kondisi dan perkembangan Kota Ambon terkini, melalui pemberitaan secara luas oleh seluruh media di Tanah Air," katanya.

Pihaknya juga meyakini kalangan media di Ambon dan Maluku telah siap untuk menyelenggarakan HPN yang merupakan salah satu event terbesar insan pers di Tanah Air, agar sukses dan memberikan kesan tersendiri bagi masyarakat Indonesia maupun dunia.

"Kami sangat optimis sebagaimana suksesnya pelaksanaan MTQ Nasional 2012 dan Pesparawi Nasional 2015 di Kota Ambon yang tercatat sebagai ajang terbaik sepanjang penyelenggaraan, maka kita semua juga harus bertekad untuk menjadikan HPN di Ambon sebagai yang terbaik sepanjang penyelenggaraannya," katanya.

Henri menambahkan insan pers di Ambon dan Maluku diharapkan dapat semakin memperkuat silaturahmi, terutama dalam menyampaikan informasi tentang berbagai kemajuan pembangunan yang telah dicapai melalui pemberitaan yang berimbang.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017