Ambon, 7/2 (Antara Maluku) - Panggung hiburan rakyat untuk menyemarakkan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2017 di Kota Ambon, dimeriahkan dengan konser musik dan suguhan tarian tradisional oleh sejumlah penyanyi indie dan seniman lokal, Selasa.

Sedikitnya ada 10 penyanyi dan kelompok seni dari berbagai sanggar tampil di pentas hiburan rakyat, yang dipusatkan di kawasan Lapangan Merdeka.

Acara yang disajikan pun bermacam-macam, mulai dari konser musik pop daerah Maluku, hingga lagu-lagu yang telah dipopulerkan oleh musisi tanah air maupun mancanegara.

Selain itu, juga ada pertunjukan seni tradisional, berupa tari-tarian daerah, seperti tari obor, cakalele, dan tari katreji yang merupakan tarian perpaduan antara budaya lokal dan peninggalan bangsa Portugis.

Pantauan Antara, panggung hiburan rakyat yang berada satu lokasi dengan Pameran HPN dan Maluku Expo 2017, mulai dibuka pada pukul 19.30 WIT, ramai dipadati oleh warga dengan beragam kalangan dan usia, yang datang dari berbagai kawasan di Kota Ambon. Beberapa turis asing juga terlihat ada di antara penonton.

Tak hanya menyaksikan pertunjukan hiburan, sebagian warga yang memadati sekitar panggung juga ikut bersenandung dan mengoyangkan badan mengikuti irama lagu yang dibawakan oleh para penyanyi yang tampil.

Billy Sopacua misalnya, penyanyi indie itu mendapatkan banyak tepuk tangan dan respon dari penonton saat membawakan lagu "Timur" milik musisi Glenn Fredly.

Artis lokal lain yang tampil termasuk Hendry Alfons.

Balda Anakotta (31), warga Desa Wayame, Kecamatan Teluk Ambon mengatakan panggung hiburan rakyat HPN membuat kota Ambon terlihat lebih semarak dan ramai, dibandingkan hari-hari biasanya.

"Senang sekali, Ambon jadi lebih ramai, dan kita juga terhibur, bisa bersantai sambil menikmati musik dan pameran, makanan juga ada dijual di sini, komplit," katanya.

Tak jauh berbeda dengan Balda, Ny Vera Nukuhaly (40), warga Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau mengaku sangat senang peringatan HPN 2017 digelar di Ambon, karena banyak kegiatan bermanfaat yang digelar dan melibatkan masyarakat secara langsung.

"Kami sudah dari sore di sini, melihat pameran dulu setelah itu nonton konser di sini. Anak saya tadi juga mengikuti kegiatan edukasi di salah satu stand pameran," katanya. 

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017