Ambon, 14/2 (Antara Maluku) - Dalam rangka HUT Dharma Pertiwi ke-53 tahun 2017, Dharma Pertiwi Daerah Q Kodam XVI/Pattimura menggelar acara "Ceramah Kesehatan Tentang Sentuhan Tangan Dan Jari Untuk Kesehatan", di gedung Baileo Slamet Riyadi Korem 151/Binaiya Kota Ambon.

Siaran pers Penerangan Kodam XVI/Pattimura yang diterima Antara, Selasa, menyatakan, ceramah tersebut menghadirkan pembicara Ketua Himpunan Dokter Akupunktur Medik Indonesia (HIDAMI), Kolonel Pnb (Purn) Dr. Sukarto, SpKP (K).

Akupunktur Medik merupakan cabang ilmu kedokteran fisik yang memanfaatkan teknik rangsang akupunktur dalam proses preventif, kuratif, rehabilitatif dan paliatif.

Menurut Kolonel Sukarto, dengan akupunktur medik, pasien yang sebelumnya harus mengonsumsi banyak obat-obatan akibat banyaknya keluhan penyakit yang diderita, diharapkan bisa mengurangi jumlah obatnya.

Problema ini banyak ditemukan khususnya pada pasien-pasien usia tua (geriatri) yang biasanya memiliki banyak keluhan kesehatan dalam satu waktu, seperti maag kronis, nyeri lutut, insomnia, hipertensi yang disertai diabetes.

Selain sebagai pengobatan, akupunktur medik juga dapat berfungsi sebagai pencegahan.

Akupunktur medik juga tergabung dalam ilmu kedokteran anti "aging" yang dapat memperlambat penuaan pada seseorang.

Ceramah kesehatan tentang sentuhan tangan dan jari untuk kesehatan itu dipimpin oleh Ketua Dharma Pertiwi Daerah Q, Ny. Santi Doni Monardo, dan diikuti sekitar 400 peserta.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Ketua Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada Timur Ny. Riza Nur Singgih, Persit Kartika Chandra Kirana Daerah Q Kodam XVI/Pattimura, pengurus dan anggota Koorcab IX Daerah Jalasenastri Armatim serta pengurus dan anggota PIA Ardhya Garini cabang 17/D.II Lanud Pattimura.

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017