Ternate, 20/2 (Antara Maluku) - Pasangan calon (paslon) Bupati/Wakil Bupati Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara (Malut) Edy Langkara-Abdurahim Odeyani (Elang-Rahim) memenangi Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 1 Desa Tapeleo, Kecamatan Patani Utara.

"Untuk PSU di TPS 1 Desa Tepeleo paslon Mutiara Berkah meraih 139 suara, sebelumnya pada pemungutan suara 15 Februari lalu meraih 112 suara. Sedangkan paslon Elang-Rahim meraih 358 suara, atau turun dibanding dengan pemungutan suara lalu yang meraih 441 suara," kata Ketua KPU Halteng, Nasaruddin Awaluddin saat dihubungi dari Ternate, Senin.

Dia menyatakan, PSU yang berlangsung pada Minggu (19/2) dan dihadiri anggota Panwaslih Halteng serta tim sukses dari dua pasangan calon tersebut berjalan lancar.

Dengan hasil PSU TPS 1 Tepeleo, maka perolehan suara Mutiara Yasin-Kabid Hi Kahar (Mutiara-Berkah) 14.009 atau 48,07 persen, sementara Edi Langkara-Abdurahim Odeyani (Elang-Rahim) memperoleh 15.130 suara atau 51,92 persen.

Selisih perolehan suara sebannyak 1.121 atau 3,8 persen.

KPU Halteng menyatakan, setelah PSU di Tepeleo, selanjutnya akan dilakukan PSU di TPS 1 Desa Elfanun Kecamatan Gebe sesuai rekomendasi Panwaslih setempat.

Anggota KPU Halteng, Sri Dewi membenarkan KPU akan menjalankan rekomendasi Panwaslih untuk menggelar PSU di Desa Elfanun, karena ditemukan 13 warga yang memmilih menggunakan formulir A5, tetapi tidak tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Calon Bupati Halteng, Edy Langkara menyatakan, hasil pilkada di Kabupaten Halteng membuktikan kalau mereka berhasil menang dan mengungguli pasangan Mutiara-Kabir.

Dirinya meminta kepada seluruh masyarakat dan pendukungnya di Halteng tetap tenang dan tidak terprovokasi untuk melakukan hal-hal yang mengganggu kamtibmas dan menjaga semangat kebersamaan.

Sedangkan di Kabupaten Pulau Morotai, paslon nomor urut 1 Beny Laos-Asrun Padoma (Balap) meraih 19.070 suara atau 49,74 persen, disusul paslon nomor urut 2, Ali Sangaji-Yulce Makasarat (Ali-Yuk) 34,49 persen, dan paslon nomor urut 3 Ramli Yaman-Adjan Djaguna (Radja) meraih 6.046 suara atau 15,77 persen dari 38.337 suara sah.

Dari data yang diperoleh dari portal KPU melalui hasil scan form C1, Paslon Balap mampu menang, bahkan dari lima kecamatan, paslon Balap mampu mengungguli dua rivalnya tersebut.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017