Ambon, 21/2 (Antara Maluku) - Dana Desa kota Ambon, Maluku tahun anggaran 2017 dialokasikan sebesar Rp28,4 miliar, meningkat sebesar Rp6,8 miliar dibandingkan tahun 2016 yang sebesar Rp21,6 miliar.

"Kota Ambon menerima anggaran dana desa sebesar Rp28.4 Miliar atau meningkat dibandingkan tahun 2016 sebesar Rp21,6 Miliar," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Masyarakat dan Desa (DPPPAMD) kota Ambon, Weldon Mawengkang, Selasa.

Menurut dia, dana desa tahun anggaran 2017 akan disalurkan dalam dua tahap. Tahap pertama sebsar 60 persen atau sebesar Rp17 miliar dan tahap kedua sebesar 40 persen atau Rp11,4 Miliar.

"Kenaikan anggaran dana desa setiap tahun sangat bermanfaat guna membangun 30 desa dan negeri yang tersebar di lima kecamatan di Kota Ambon," katanya.

Dari 30 desa dan negeri di Ambon penerima terbesar dana desa yakni Negeri Batu Merah, kecamatan Sirimau dan Passo, kecamatan Baguala sebesar Rp2 Miliar, sedangkan paling rendah desa Negeri Lama sebesar Rp800 juta.

Anggaran ini diberikan kepada desa dan negeri sesuai dengan kriteria yang meliputi jumlah penduduk sebesar 35 persen, jumlah penduduk miskin 25 persen, bobot luas wilayah 10 persen dan indeks kesulitan.

Weldon mengakui, pihaknya mengawasi secara ketat penggunaan dan pengelolaan dana desa, berdasarkan hasil evaluasi dan monitoring realisasi penggunaannya sesuai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang dimasukan oleh setiap desa penerima.

"Hasil evaluasi dan monitoring, realisasi dana desa digunakan sesuai dengan APBdes. Selanjutnya Inspektorat Kota Ambon akan mengaudit dana desa," katanya.

Ia mengemukakan, pihaknya akan mengawasi secara ketat sehingga penggunaan dana desa dapat sesuai peruntukan untuk membangun desa.

"Kami juga belum menerima laporan pertanggungjawaban dana desa tahap dua 2016 karena batas waktu penyerahan laporan 31 Maret 2017, sedangkan laporan realisasi anggaran telah diserahkan 22 desa dan negeri. Dipastikan untuk pencairan anggaran 2017 pencairan tahap dijadwalkan 1 April," tandas Weldon.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017