Ambon, 6/3 (Antara Maluku) - Komandan Lantamal IX (Danlantamal IX) Laksamana Pertama TNI Nur Singgih P. meresmikan beberapa gedung fasilitas yang berada di komplek Pangkalan Utama TNI AL IX Halong, Senin.

Fasilitas yang diresmikan yakni gedung dr. Johanes Leimena sebagai kantor Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal IX, gedung Pattimura sebagai kantor Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada Timur, dan perumahan khusus perwira, ditandai dengan penyerahan kunci secara simbolis dan penandatanganan prasasti.

Selain Wakil Danlantamal IX Kolonel Marinir Joko Supriyanto dan para asisten, Ketua Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada Timur Ny. Nur Singgih beserta pengurus dan para Kadis/Kasatker Lantamal IX, tiga komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) juga turut hadir dalam kegiatan yang dipusatkan di Lobi Markas Komando Lantamal IX.

Tiga orang pejabat tinggi tersebut adalah Danlanal Aru Letkol Laut (P) Atmojo, Danlanal Tual Kolonel Laut (P) Hartanto, dan Danlanal Saumlaki Letkol Laut (P) Wirawan.

Danlantamal IX Laksamana Pertama TNI Nur Singgih P. mengatakan Diskes Lantamal IX tidak memiliki fasilitas gedung perkantoran yang memadai, sehingga setiap kegiatan yang sesuai dengan program belum dapat dilaksanakan secara maksimal.

Dalam proses pelaksanaan tugasnya selama ini, Diskes Lantamal IX mengalihfungsikan perumahan anggota yang sudah rusak dan tidak layak huni di jalan protokol menjadi perkantoran.

"Pertimbangan lainnya, Diskes Lantamal IX selama ini masih menggunakan gedung Rumkital dr. F. X. Suhardjo sehingga perlu kantor yang baru agar tugas pokok dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada anggota dan keluarganya dapat lebih optimal," katanya.

Dikatakannya lagi, Lantamal IX beberapa waktu lalu menerima bantuan dana dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui program bantuan untuk beberapa instansi.

Dana bantuan itu digunakan untuk membangun 10 unit perumahan khusus perwira, karenanya diharapkan anggota yang menempati fasilitas dinas tersebut dapat merawatnya dengan baik.

Begitu juga dengan renovasi kantor Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada Timur.

"Misi Jalasentri mewujudkan istri prajurit TNI AL yang berbudi, setia dan mandiri dengan membangun keluarga yang berahklak dan santun, sehat dan memiliki pribadi yang kuat dilandasi oleh ketuhanan yang maha esa, perlu gedung yang layak dan nyaman," ucapnya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017