Ambon, 24/3 (Antara Maluku) - Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Ambon mengupayakan peningkatan kompetensi dan akreditas Rumkital dr.F.X. Suhardjo, dengan melaksanakan "Visitasi Assesor Internal TNI AL", Kamis.

Bimbingan teknis Akreditasi Rumah Sakit Program Khusus 2017 yang digelar di Rumkital dr.F.X. Suhardjo itu, menghadirkan Pati Sahli Kasal Bidang Sumda Hanneg Laksamana Pertama TNI A.V Suhardiningsih sebagai narasumber.

Kepala Rumkital dr.F.X. Suhardjo Lerkol Laut (K) Hisnindarsyah dalam kesempatan itu mengatakan tenaga dan fasilitas kesehatan harus memiliki kemampuan atau kompetensi khusus dalam meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap pasien.

Karena orientasi layanan kesehatan saat ini berada pada kepuasan pasien (patient costumer care).

"Kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya karena sangat penting dalam membantu meningkatkan kompetensi, sehingga dapat menghadapi persaingan global," katanya.

A.V Suhardiningsih mengatakan meningkatkan kompetensi rumah sakit perlu adanya tim kerja efektif, teknik komunikasi dalam konteks pelayanan prima dan survey indeks kepuasan masyarakat.

Hal itu dikarena peningkatan akreditas diawali dari pelayanan yang aman dan berkualitas, selalu memberikan yang terbaik dan membutuhkan perbaikan berkelanjutan baik dalam struktur, proses, maupun outcome guna meningkatkan mutu dan keselamatan pasien.

"Untuk meningkatkan kompetensi perlu semangat mengerjakan akreditasi, hal itu tidak sulit, jangan pernah merasa bosan dengan lingkungan tempat kerja," katanya memotivasi.

Dikatakanya lagi, melakukan pelayanan kesehatan dengan baik, dapat membuktikan bahwa layanan yang diberikan oleh di Rumkital dr.F.X. Suhardjo memang benar-benar bermutu.

Dengan demikian akan menumbuhkan kepercayaan dan mendapatkan pengakuan dari masyarakat.

"Diharapkan dengan adanya bimbingan teknis ini dapat memacu semangat personil medis dan non medis Rumkital dr.F.X. Suhardjo dalam memberikan layanan kesehatan yang terbaik dan dapat membuktikan bahwa pelayanan yang diberikan memang benar-benar bermutu," katanya. 

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017