Ambon, 25/3 (Antara Maluku) - Dinas Pariwisata Provinsi Maluku meluncurkan Kalender Pariwisata 2017 yang berisi 25 agenda kegiatan pariwisata di Maluku selama satu tahun, di Ambon, Sabtu malam.

Peluncuran kalender pariwisata yang dilakukan di kawasan Lapangan Merdeka Ambon tersebut, diramaikan dengan kegiatan bersepeda Amboina Night Ride yang diikuti oleh sejumlah klub pesepeda dari berbagai usia, termasuk tim dari Kodam XVI/Pattimura dan Lantamal IX Ambon.

Selain itu, ada hiburan musik yang menampilkan musisi-musisi lokal, seperti Grace Huwae, X-PO Band, dan Tickang Palungku, serta grup dancer Evert Tobelo.

Kepala Dispar Maluku Habiba Saimima mengatakan, pertama kalinya Dispar Provinsi Maluku meluncurkan agenda kegiatan pariwisata di daerah selama satu tahun, dalam bentuk kalender pariwisata (calendar event) 2017.

Beberapa agenda pariwisata dalam Calendar Event 2017 merupakan kegiatan tahunan yang rutin digelar, seperti Darwin-Ambon Yacht Race, atraksi Pukul Sapu di Desa Morela, dan Abda`u di Desa Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah, HUT Kota Ambon, dan Patai Konci Taong atau peringatan malam tahun baru.

Kegiatan budaya sebelumnya hanya acara lokal juga dimasukkan menjadi agenda wisata provinsi, seperti Festival Pesona Budaya Banda di Banda Naira, dan kegiatan Cuci Negeri Soya di Desa Soya, Kota Ambon.

Sedangkan acara pariwisata yang baru dan diunggulkan pada 2017 adalah Tour de Moluccas, kegiatan bersepeda mengelilingi Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat dan Maluku Tengah pada 18 hingga 22 September.

"Semua ini kami lakukan agar acara-acara pariwisata di Maluku bisa diketahui oleh wisatawan baik nusantara maupun mancanegara yang akan berkunjung ke sini. Mudah-mudahan peluncuran Calendar Event ini bisa dilaksanakan setiap tahun," katanya lagi.

Dalam kegiatan peluncuran Calendar Event 2017, Dispar Maluku juga membagi-bagikan hadiah "doorprice", berupa satu unit sepeda motor dan dua unit laptop kepada peserta Amboina Night Ride.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017