Ternate, 25/3 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara, akan meluncurkan program pelayanan gratis baik pelayanan kesehatan maupun pendidikan dengan pembuatan Kartu Halsel Sejahtera (KHS).

"Program ini rencananya mulai jalan tahun ini," kata Kepala Badan Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Halsel, Daud Djubedi di Ternate, Sabtu.

Bahkan, saat ini Pemda Kabupaten Halsel melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Halsel sedang melakukan pencetakan kartu tersebut.

Dia mengatakan pencetakan Kartu Halsel Sejahtera yang akan digunakan masyarakat guna mendapatkan pelayanan gratis tersebut sementara masih dilakukan instansi teknis, sehingga dalam waktu dekat sudah selesai dan direncanakan pekan kedua April akan dilakukan peluncuran sekaligus penggunaannya.

"Kalau tidak ada kendala, maka peluncurannya direncanakan April minggu kedua tahun 2017 ini," katanya.

Setelah peluncuran maka kartu tersebut segera dibagikan kepada masyarakat yang namanya sudah terdaftar dalam sistem.

Sedianya kartu ini sudah jalan, hanya saja terkendala belum selesainya pencetakan serta pengimputan data bagi warga kurang mampu yang berhak menggunakan kartu tersebut.

Menurut mantan Kabag Humas Setda Halsel itu, pemegang kartu Halsel sejahtera akan mendapatakan 9 item pelayanan gratis, beberapa di antaranya yakni pelayanan rujuk dari Puskesmas ke RSUD Labuha, pengobatan gratis dan lainnya serta pendidikan gratis melalui beasiswa.

"Jadi, nantinya disiapkan cips yang dapat dimasukkan kartu tersebut untuk mendapatkan pelayanan," ujarnya.

Karena itu, saat ini anggaran untuk program tersebut sudah ada di APBD, namun belum jalan karena masih menunggu selesainya pencetakan oleh intansi teknis.

"Kalau sudah selesai langsung diluncurkan dan sudah bisa digunakan dan nanti sambil jalan kita evaluasi kekurangannya untuk dilakukan perbaikan," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017