Ambon, 3/4 (Antara Maluku) - Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Ambon Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono mengharapkan Koperasi AL (Kopal) memberi dampak pada upaya peningkatan ekonomi masyarakat di sekitarnya.

Pernyataan tersebut disampaikan Komandan Lantamal IX dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh wakilnya, Kolonel Marinir Imam Soping di pertemuan tahunan Primer Koperasi AL (Primkopal), Senin.

"Keberadaan koperasi sesungguhnya untuk membantu meningkatkan kesejahteraan anggotanya, yang kemudian secara bertahap akan membawa dampak bagi upaya peningkatan ekonomi masyarakat," katanya.

Menurut Komandan Lantamal IX, anggota koperasi yang merupakan bagian dari masyarakat dapat menjadi penggerak ekonomi, apabila memperoleh dukungan dari koperasinya untuk mengembangkan usahanya.

Maka diharapkan dalam pertemuan tahunan yang digelar dalam Rapat Anggota Pertanggung Jawaban Primkopal (RAPJ) Ambon Tahun Buku 2016, Primkopal transparan dalam memberikan laporan pertanggungjawaban dan perhitungan Neraca kepada seluruh anggotanya.

Sehingga dapat menumbuhkan keinginan dan kemauan seluruh anggota Lantamal IX Ambon, sesuai dengan tema RAPJ 2016, yakni "Melalui Peningkatan Profesionalitas Insan Kopral, Kita Wujutkan Usaha Berbasis Active Income, Guna Meningkatkan Kesejahteraan Anggota Kopal Dan Keluarga".

RAPJ, kata dia lagi, sangat penting karena merupakan salah satu tolak ukur berhasil tidaknya pengelola organisasi Kopal, dan juga menunjukkan bahwa Primkopal Lantamal IX Ambon telah mampu melaksanakan tanggung jawab dan kewajibannya.

"Saya mengharapkan setiap rapat anggota pertanggungjawaban Rancangan Anggaran Pendapatan Daerah (RAPD) yang diselenggarakan oleh koperasi benar-benar dapat memberi hasil yang maksimal, tidak saja bagi kepentingan koperasi dan anggotanya tetapi juga bagi masyarakat sekitarnya," katanya.

Selain anggota Primkopal Lantamal IX, Kepala Dinas Koperasi dan Umum Kota Ambon Rina Purmiassa juga hadir dalam RAPJ Tahun Buku 2016 yang dibuka secara resmi oleh Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Imam Soping.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Primkopal Lantamal IX Letkol Laut (KH) Yudi Sunarko juga melaporkan seluruh kegiatan Primkopalnnya selama tahun 2016. 

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017