Ternate, 6/4 (Antara Maluku) - Kementerian Pertahanan Kantor Perwakilan Maluku Utara (Malut) menggelar seminar pemberdayaan wilayah pertahanan bagi 128 mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di provinsi itu.

"Kegiatan ini mengusung tema meningkatkan semangat bela negara di wilayah provinsi Maluku Utara dalam rangka mewujudkan pertahanan negara yang tangguh," kata Kakanhan Provinsi Malut, Kolonel Mar Bambang Priambodo di Ternate, Kamis.

Menurut dia, seminar tersebut merupakan program Kementrian Pertahanan RI dalam rangka menumbuhkan dan memupuk rasa cinta tanah air serta bela negara di kalangan mahasiswa.

Hal itu sesuai dengan amanat Undang-Undang Pertahanan dan Keamanan, khususnya pasal 27 ayat 3 yang berbunyi setiap warga negara berhak dan wajb turut serta dalam upaya pembelaan negara.

"Jadi perlu ada pembinaan dan penyuluhan khususnya kepada generasi muda kita sebagai calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang," katanya.

Seminar itu menghadirkan pula Rektor Unkhair Ternate Prof DR Husen Alting, SH, M.H, Kabid Kesbangpolinmas Provnsi Malut Malik Umabaihi sebagai pembicara.

Seminar mengupas materi Pembinaan Kesadaran Bela Negara di Daerah dan Membangun Karakter Bangsa dalam Perspektif NKRI.

Pantauan Antara, para peserta serius menyimak paparan materi yang disampaikan para pembicara, dan antusias mengajukan pertanyaan, pandangan, gagasan maupun saran perihal pengamalan Pancasila dan sikap Bela Negara.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017