Saumlaki, 2/5 (Antara Maluku) - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) memperingati Hari Pendidikan Nasional secara sederhana dengan melaksanakan upacara bendera di pelataran Kantor Bupati, Selasa.

Upacara dihadiri perwakilan siswa SD, SMP, SMA dan SMK, perwakilan ASN dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), perwakilan TNI dan Polri, pimpinan SKPD, pimpinan BUMN dan BUMD, Pimpinan TNI dan Polri, serta pimpinan DPRD.

Penjabat Bupati MTB, Romelus Far Far bertindak sebagai Pembina Upacara, sementara pemimpin upacara Brigpol. Ventie O. Melsasail, pejabat sementara perwira urusan kesehatan pada bagian Sumber Daya Polres MTB.

Romelus membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy yang mengatakan bahwa berdasarkan Visi Presiden Joko Widodo, Kemendikbud saat ini tengah bersiap melakukan reformasi pendidikan nasional baik pada tataran konseptual maupun manajerial.

Untuk itu, sekarang tengah diupayakan penyelarasan, penyatuan, dan pembauran bidang kebudayaan dengan pendidikan. Begitu juga dalam pemanfaatan sumber-sumber belajar yang ada di kelas, lingkungan sekolah dan di luar sekolah, sehingga proses pembelajaran tidak terkotak-kotak, tersekat-sekat, tertutup, sumpeg, melainkan terbuka, luwes dan leluasa.

Mendikbud mengatakan, akan dilakukan reformasi waktu belajar di satuan pendidikan, pengorganisasian pelajaran dan kegiatan belajar, tugas, tanggung jawab serta peran guru dan tenaga kependidikan, termasuk reformasi peran dan tugas kepala sekolah sebagai manajer sekolah, komite sekolah dan juga pengawas sekolah yang ditandai dengan gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Gerakan Literasi Nasional (GLN).

Usai upacara, Far Far mengatakan kepada wartawan bahwa MTB sebagai beranda depan NKRI telah mendapat perhatian serius pemerintah pusat dalam bidang pendidikan, sehingga perlu disikapi dengan serius pula agar kualitas pendidikan di MTB tak jauh berbeda dengan daerah lain di provinsi Maluku.

"Berbagai kekurangan dan keterbatasan dalam fasilitas pendidikan nanti kita perhatikan dan verifikasi dengan baik, sehingga kerja-kerja di bidang pendidikan bisa menghasilkan anak-anak didik yang kuat dan bisa bersaing," katanya.

Peringatan Hardiknas di MTB juga diwarnai pengumuman dan pemberian hadiah bagi para pemenang lomba-lomba, di antaranya Lomba Menulis Surat Untuk Presiden Joko Widodo tingkat SD sekabupaten MTB, Lomba Senam Sumba tingkat SD dan SMP, Lomba Melukis tingkat PAUD, SD dan SMP, serta Lomba Senam Ceria tingkat PAUD.

Pewarta: Simon Lolonlun

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017