Ternate, 9/5 (Antara Maluku) - Sebanyak 59 desa yang tersebar di 12 kecamatan dari total 17 kecamatan di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara (Malut), akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada Agustus 2017.

"Pilkades serentak ini akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2017," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Halmahera Utara Nyoter Koenoe ketika dihubungi dari Ternate, Selasa.

Menurut Nyoter Koenoe, semua data terkait pilkades serentak 2017 sudah direkap. Pilkades serentak harus dilaksanakan karena masa jabatan kepala desa sudah berakhir serta ada kepala desa yang diberhentikan karena bermasalah.

Sebanyak 12 kecamatan yang sebagian desanya ikut dalam pilkades nanti yakni Kecamatan Galela di antaranya Desa Soasiao, Desa Barataku dan Desa Pune.

Sedangkan untuk Kecamatan Galela Barat di antaranya Desa Dokulamo, Desa Soatabaru, Desa Ngidiho dan Desa Roko. Kecamatan Galela Utara di antaranya Desa Lalonga, Desa Tutumaloleo, Desa Bobisingo dan Desa Pelita. Kecamatan Galela Selatan yakni Desa Bale.

Kecamatan Kao di antaranya Desa Kusu, Desa Waringin Lamo, Desa Sasur, Desa Popon, Desa Kukumutuk dan Desa Jati. Kecamatan Kao Barat di antaranya Desa Kai, Desa Takilmo dan Desa Torawat.

Kecamatan Malifut di antaranya Desa Sosol, Desa Tabobo, Desa Bobawa, Desa Talapao, Desa Samsuma, Desa Ngofakiaha, Desa Peleri, Desa Matsa, Desa Ngofabobawa, Desa Malapa, Desa Soma, Desa Sabaleh, Desa Tafasoho, Desa Mailoa dan Desa Tahane.

Kecamatan Loloda Utara di antaranya Desa Gisik, Desa Ngajam, Desa Pocao, Desa Tate, Desa Kapa Kapa, Desa Kailupa, Desa Dorume, Desa Asimiro dan Desa Apulea.

Kecamatan Tobelo Selatan di antaranya Desa Kakara B dan Desa Efi Efi. Kecamatan Tobelo Barat di antaranya Desa Sukamaju dan Desa Togolioa.

Kecamatan Loloda Kepulauan di antaranya Desa Fitako, Desa Dowonggila, Desa Jikolamo, Desa Dama, Desa Dedeta dan Desa Tobo Tobo. Kecamatan Tobelo Utara yakni di Desa Tolonuo Selatan. Kecamatan Kao Utara yakni di Desa Boulamo. Serta Kecamatan Kao Teluk yakni di Desa Akesahu/Gamsungi.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017