Ambon, 10/5 (Antara Maluku) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX/Ambon Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono menebar ribuan ekor benih ikan jenis kakap putih ke dalam keramba di pantai Teluk Ambon bagian dalam, Rabu.

1.000 ekor benih kakap putih itu ditebarkan oleh Danlantamal IX ke dalam keramba budidaya yang dibangun di belakang Markas Komando (Mako) Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IX/Ambon.

Wakil Danlantamal IX/Ambon Kolonel Marinir Imam Sopingi, para asisten Danlantamal IX, kepala-kepala dinas dan kepala satuan kerja di jajaran Lantamal IX, serta Ketua Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada Timur Ny. Nur Singgih beserta pengurus juga hadir dalam proses penebaran benih-benih ikan tersebut.

Danlantamal IX/Ambon mengatakan penebaran benih ikan kakap putih merupakan salah satu bentuk kepedulian Lantamal IX/Ambon terhadap kelangsungan ekosistem biota laut

Karena itu, benih-benih ikan kakap putih ditempatkan sementara waktu di keramba untuk dikembangbiakkan dan dibudidayakan, selanjutnya akan dilepas ke laut.

"Selain benih ikan di kerambah, Lantamal IX juga membudidayakan ikan hias dan terumbu karang di penangkaran milik Lantamal IX," ucapnya.

Dikatakannya lagi, saat ini di penangkaran milik Lantamal IX terdapat 800 ekor clown fish (ikan badut atau nemo), 50 ekor ikan hias jenis black eyes, dan 750 ekor ikan jenis Picasso yang sedang dibudidayakan.

"Ikan-ikan itu kita budidayakan dan nantinya juga sudah siap akan kita lepas ke laut," ucap Danlantamal IX.

Upaya menjaga habitat dan ekosistem laut telah sering dilakukan oleh Lantamal IX/Ambon. Tidak hanya di sekitar Teluk Ambon, Lantamal IX juga melakukannya di kawasan lainnya di Maluku.

Salah satunya adalah penanaman 2.400 bibit terumbu karang di kawasan wisata Pantai Batu Kuda, desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah pada 8 Februari 2017, hasil kerjasama dengan Panitia Hari Pers Nasional (HPN) dan PT. Garuda Indonesia (Persero).

Koral-koral tersebut baru saja ditinjau ulang perekembangannya oleh personel Lantamal IX dan Yonmarhanlan IX/Ambon pada 7 Mei 2017.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017